Temukan Makanan Exipred Dalam Parsel Lebaran ? Segera Lakukan Hal Ini!

Infokampus,news – Siapa sih yang tidak senang saat mendapat parsel lebaran dari sanak keluarga maupun kantor orang tua kita ya sahabat FoKus, namun apa jadinya kalau makanan yang terdapat dalam parsel ternyata sudah expired? Tentunya kita langsung ingin cepat-cepat saja membuangnya bukan.

Namun sebenarnya, kamu bisa lho melakukan hal-hal berikut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat makanan-makanan tersebut.

1.Cek Kondisi Kemasan Makanan Expired

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi kemasannya terlebih dahulu. Biasakan membaca peraturan yang ada pada kemasan, misal kaleng harus tidak penyok, bocor maupun menggembung. Jika plastik, pastikan plastik tidak bolong sedikitpun maupun menggembung. Karena menurut salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Dian Handayani, SKM, M.Kes, Ph.D jika kemasan rusak sedikit saja bisa mengkontaminasi makanan tersebut.

2.Cek Kondisi Makanan atau Minuman di Dalamnya

Langkah kedua adalah pastikan makanan di dalamnya tidak berubah baik dari segi rasa, bau maupun penampilannya. Hal seperti ini sangat bisa dikenali dengan baik oleh konsumen, meskipun jenis makanan berbeda beda. Khususnya jika makanan sudah berbau sangat menyengat hidung, kalian patut mewaspadainya ya. Tapi jika makanan masih aman dari 3 ciri tersebut, maka makanan masih layak dikonsumsi.

3.Jangka Waktu Tiap Jenis Makanan Berbeda

Jangka waktu yang dibutuhkan tiap makanan untuk rusak memiliki waktu yang berbeda-beda lho. Untuk jenis olahan daging, ikan dan ayam berbeda dengan masa rusaknya sayur maupun biskuit. Tentunya semakin kering makanan akan semakin awet, namun menurut Dosen Kedokteran, Dian, ketahanan makanan ini bisa berlangsung 2-3 bulan melebihi masa expired.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk kalian jika menemukan parsel lebaran yang berisi beberapa makanan expired. Tidak bisa dipungkiri untuk menyambut hari yang fitri ini semua perusahaan berlomba untuk mencari kuntungan sebesar-besarnya dari berjualan parsel lebaran. Untuk itu kita harus lebih selektif lagi ya dalam memilih hadiah untuk orang-orang terkasih saat lebaran. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Destinasi Religi Yang Harus Kamu Kunjungi

Berwisata memiliki tujuan yang berbeda, banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Menemukan tempat-tempat baru adalah hal yang sangat...

Close