Temukan Mesin Sortir Buah Otomatis, Mahasiswa ITN Malang ini Berharap Petani Lebih Produktif

Infokampus.news, Malang – Temukan mesin sortir buah otomatis adalah ide dari Frisai Wicaksono, mahasiswa jurusan Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Elektronika Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang). Berawal dari beberapa rekannya yang ingin membuat camilan dari buah dengan warna dan ukuran apel tertentu, ahirnya ia memiliki ide untuk membuat alat ini.

“Ada beberapa orang yang ingin bikin alat memilah buah buah dipilah dari segi warna dan ukuran begitu,” ujar dia pada tim infokampus.news.

Mesin Sortir Buah Otomatis Membuat Petani Lebih Efisien Waktu

Dengan menggunakan teknologi sensor inframerah, dirinya ahirnya mencoba mengembangkan teknologi ini. Jika alat masuk dalam mesinnya, maka secara otomatis infrared akan menyensor dan bagian lain akan memilah buah yang sesuai atau tidak.

“Misalnya, apel warna merah yang dibutuhkan nah yang selain merah akan pindah ke tempat lain. Tergantung konsumen maunya seperti apa,” tambahnya.

Selain itu tidak hanya warna yang mampu disortir secara otomatis dengan alat ini, melainkan ukuran buah yang diinginkan juga bisa terpilah secara otomatis. Selama ini pekerjaan menyortir buah menjadi hal yang cukup memakan waktu khususnya untuk petani. Ia yakin dengan adanya mesin ini petani akan lebih efisien terhadap waktu dan bisa menghemat tenaga.

“Dengan begini kan pekerjaan petani maupun tempat industri jadi lebih ringkas selain itu tingkat kesalahan sortir lebih kecil dibandingkan manual. Ahirnya bisa efisiensi ke waktu untuk petani juga,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terus Benahi Pelayanan, RS Universitas Brawijaya Mulai Banyak Dipercaya Masyarakat

Dengan meningkatnya pelayanan maupun fasilitas di RS Universitas Brawijaya, masyarakat lambat laun makin banyak yang berminat untuk berobat

Close