Temukan Siswa ‘Terpaksa’ Lakukan Kecurangan, Dosen UNIKAMA Ini Beri Bukti Ilmiah!

Infokampus.news, Malang – Banyaknya siswa yang mengaku ‘terpaksa’ lakukan kecurangan saat duduk di bangku sekolah memang membuat prihatin. Hal inilah yang membuat salah satu dosen Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), Dr. Endah Andayani M.M., ingin lebih jauh melakukan penelitian terkait hal ini dengan obyek studi SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo.

“Setelah saya teliti ternyata anak-anak masih banyak melakukan kecurangan akademik, meskipun tidak setuju dengan hal tersebut, mereka sebenarnya tidak senang tapi mereka tetap mau melakukan.” Ujarnya saat ditemui tim infokampus.news.

Jenis kecurangan akademik yang dilakukan para siswa ini tidak melulu hanya mencontek saat ujian, namun saat diteliti lebih dekat ternyata kecurangan akademik yang mereka lakukan sangat beragam.

“Banyak cara mereka melakukan kecurangan, misalnya dengan transaksi akademik, kecurangan dalam pengumpulan tugas, nilai, dan sebagainya.” Tambahnya.

Implementasi Nilai Karakter Sangat Diperlukan

Ahirnya dengan judul penelitian ‘Implementasi dan Nilai Karaker Untuk Mencegah Fraud Akademik’ ia berharap bisa membantu menyelesaikan masalah ini.

“Setelah saya selesaikan penelitian ahirnya saya berikan saran untuk sekolah tersebut alhamdulillah mereka bisa menerima. Harusnya nilai karakter lebih diperbaiki lalu nilai siswa dari kejujuran mereka karena itu penting, tidak hanya melulu nilai.” Tuturnya.

Karena pentingnya muatan penelitian yang ia usung ini, ahirnya penelitiannya ini terpilih menjadi salah satu penelitian yang dibiayai oleh Kemendikbud.

“Alhamdulillah ternyata ada bagian ini di Kemendikbud, hanya terpilih 20 orang saja.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Daya Tampung Institut Pertanian Bogor Pada SBMPTN 2017!

Institut Pertanian Bogor atau IPB adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Bogor, Jawa Barat. IPB menerima mahasiswa baru baik...

Close