Terapkan Batas Mol MPMK, 3 Mahasiswa UNISMA Ini Takjub Dengan Hasilnya!

Infokampus.news – Tiga mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA) yakni Irsyadatul Mahmudah, Munawaroh, dan Ahmad Rosikin berhasil menerapkan pembelajaran “Batas Mol MPMK”. Konsep ini berguna untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan gaya belajar siswa. Program ini sempat mereka terapkan pada siswa di SMP Islam 01 Batu.
“Batas Mol MPMK merupakan singkatan dari pelajaran bangun datar segiempat melalui model pembelajaran matematika Knisley, dimana model pembelajaran matematika Knisley terdiri dari empat fase yaitu konkrit reflektif, konkrit aktif, abstrak reflektif, dan abtrak aktif. Sehingga menanaman kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki lebih mudah dengan melalui empat fase tersebut.” Ujar Irda, ketua tim.
Menurutnya model pembelajaran matematika Knisley ini dapat menjadi alternatif bagi guru dalam menindak lanjuti kualitas pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
“Dalam penelitian kami ini menghasilkan bahwa penerapan pembelajaran “ Batas Mol MPMK” berhasil dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Akan tetapi siswa dengan gaya belajar kinestetik titak cocok dengan pembelajaran ini, karena dalam pembelajaran ini kurangnya aktifitas pembelajaran yang disukai siswa dengan gaya belajar kinestetik” kata irda.
Ternyata memang penerapan model pembelajaran matematika Knisley sangat mendukung keberhasil dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep yang diterapkan pada siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial.
”Penerapan pembelajaran “Batas Mol MPMK” ini sangat mengesankan karena membuat siswa menjadi lebih aktif dari biasanya. Menariknya dalam pembelajaran ini guru dan siswa berperan aktif, serta cara berpikir dari konkrit ke abstrak yang membuat siswa lebih memahami pelajaran. Dan satu hal yang membuat pengalaman bagi saya dalam program ini adalah melihat gaya belajar yang dimiliki oleh siswa sehingga kita akan mengerti model seperti apa yang sesui dengan mereka.” Ujur bu Chofifah selaku guru SMP Islam 01 Batu. (Pus/Hum)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
revolusi industri 4.0
Politeknik Elektronik Negeri Surabaya Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Infokampus.news - Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Politeknik Elektronik Negeri Surabaya atau PENS menggelar kuliah tamu bertajuk “Strategi Pengembangan Konten Digital

Close