Eco Helmet, Helm Sepeda Dari Kertas Yang Bisa Dilipat!

Infokampus.news – Seorang mahasiswa desain industri, Isis Shiffer membuat inovasi helm sepeda dari kertas yang bisa dilipat hingga berukuran satu per sepuluh dari ukuran helm sepeda pada umumnya. Berkat penemuan tersebut, Shiffer berhasil memenangkan James Dyson Award untuk kategori penemu wanita.

Pembuatan ‘EcoHelmet’ bertujuan untuk memberikan pelindung kepala kepada orang yang ingin menyewa sepeda. Shiffer mengaku, mendapat ide tersebut ketika sedang belajar di London. Pada saat itu, dia merasa para penyewa sepeda butuh helm murah dan ringan.

Baca Juga:

Helm sepeda tersebut terbuat dari kertas yang dilipat seperti sarang lebah. Helm juga diberi lapisan khusus sehingga bisa tahan hujan sampai tiga jam.

“Saat itu tidak ada pilihan yang mudah diakses. Dan aku berada di jalan yang asing saat bersepeda di luar negeri. Sehingga aku merasa memakai helm akan membuatku lebih aman,” ucapnya dikutip dari The Guardian, Senin (21/11/2016).

Kertas yang dipakai untuk membuat helm adalah hasil daur ulang. Berdasarkan tes di Imperial College terkait spesifikasi helm, inovasi ini cukup baik untuk melindungi tengkorak layaknya helm konvensional.

“Helm sepeda ini murah dan berguna bagi mereka yang biasa menyewa sepeda,” terangnya.

Sebuah helm konvensional, lanjut Shiffer, mampu menampung sembilan EcoHelmet jika dalam kondisi terlipat. Meski tidak bisa digunakan dalam jangka panjang, dia berharap inovasinya tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. (FAM)

 

Sumber: The Guardian

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Dua Mahasiswa Indonesia Delegasi Kemlu Korsel, Bahas Pentingnya MIKTA
Dua Mahasiswa Indonesia Delegasi Kemlu Korsel, Bahas Pentingnya MIKTA

Dua mahasiswa asal Indonesia terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam forum MIKTA Young Leaders Camp 2016 oleh Kementerian luar Negeri Korea...

Close