Terinspirasi Kampung Warna-Warni Jodipan, IAIN Surakarta Kunjungi UMM

Infokampus.news, Malang  – Kampung Warna-warni Jodipan yang digagas kelompok praktikum mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Guyspro, memang telah menginspirasi berbagai pihak. Salah satu yang terinspirasi dari ide mahasiswa UMM tersebut adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta yang memboyong mahasiswanya, khususnya prodi Ilmu Komunikasi berkunjung ke UMM.

IAIN Surakarta dan UMM Saling Tukar Pikiran Dalam Kunjungan Ini

Kunjungan yang dilaksanakan berlokasi di Auditorium Masjid AR Fachruddin UMM, Senin (13/11),tersebut bertujuan untuk agar mahasiswa IAIN Surakarta memperoleh ilmu Public Relations (PR). “Kami ingin sharing dan memperoleh ilmu dari Komunikasi UMM, yang mahasiswanya pernah menciptakan Kampung Warna-warni Jodipan,” ujar Ahmad Qoyim, dosen PR IAIN Surakarta seperti dilansir laman UMM.

Materi dalam kunjungan ini sendiri disampaikan langsung oleh kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM, Jamroji MComm. kurang lebih 100 mahasiswa IAIN Surakarta hadir dalam kunjungan ini. Dalam materinya, Jamroji mengungkapkan bahwa ranah kerja mahasiswa Ilmu Komunikasi nantinya adalah di bidang kreativitas. Sehingga, dalam menciptakan kreativitas dan ide yang baik, mahasiswa dituntut based on research. “Datanya harus real, klien juga harus real mereka mencari sendiri,” ungkapnya.

Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM Jadi Sarana Mahasiswa Ciptakan Ide Kreatif

Salah satu sarana belajar prodi komunikasi UMM adalah Laboratorium Ilmu Komunikasi (Lab Ikom). Beberapa bagian di dalam Lab Ikom di antaranya adalah Lab Simulasi PR, Lab Fotografi, Lab Mini Teater, Lab Mini Studio, Lab Grafis, Lab Master Control Room (MCR), Lab Recording dan Editing. Prodi Ilmu Komunikasi memfasilitasi mahasiswa mempraktikkan teori melalui lab tersebut.

Terbagi dalam tiga konsentrasi penjurusan yaitu Public Relations, Audio Visual dan Jurnalistik, Jamroji menciptakan atmosfir lab yang menyenangkan dan ‘berbeda’ untuk mahasiswa. “Laboratorium Ilmu Komunikasi adalah miniatur dunia kerja. Miniatur dunia kerja Ikom harus kreatif,” ujarnya sembari memutarkan video profil suasana Lab Ikom yang warna-warni.

Bagi Jamroji, atmosfir yang dibangun di Lab Ikom UMM telah mampu melahirkan karya-karya luar biasa, salah satunya Kampung Warna-warni Jodipan. (uch)

Sumber : Humas UMM

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliah di PKN STAN? Kenapa Nggak?! Ini 5 Alasan Kalian Harus Kuliah di PKN STAN

Close