Ternyata Air Limbah Kamar Mandi Yang Diolah Para Siswa Ini Jadi Habitat Terbaik Lele dan Buat Tanaman Cepat Berbuah

Infokampus.news, Malang – Air limbah kamar mandi yang telah diolah ternyata bisa menjadi habitat yang baik untuk lele dan juga mampu membuat tanaman cepat berbuah. Adalah Della Anugrah Heni, Adela Dwi Nurlaila, Habel Sirait siswa SMK Negeri 5 Surabaya yang merupakan tim inti kelompok penelitian yang dipamerkan dalam Youth EcoTech Competition di American Corner UMM beberapa waktu lalu ini.

Ide yang mereka garap selama dua bulan ini tercetus dari lingkungan sekitar mereka, dimana banyak air terbuang dengan percuma. “Khusus limbah air seni saja kalau penelitian kami ini, kami fokuskan pada proses pengolahan air limbah. Kami bagi jadi 4 tahap.” tukas Della pada tim infokampus.news.

Air Limbah Kamar Mandi Diolah Dengan 4 Tahap Ternyata Mampu Berikan Dampak Berbeda 

Air limbah kamar mandi mereka tampung di bak limbah kemudian air limbah naik melalui pompa yang mereka sediakan. Ada 4 tahap filter instalasi yang mereka sediakan, terdiri dari filter primer, koagulasi, klorinasi dan sekunder.

“Filter instalasi pengolahan air limbah ini yang pertama air limbah disaring di filter Primer dimana isinya ada krikil, ijuk, pasir halus. Kemudian turun dan masuk ke filter Koagulasi atau proses endapan filter ini isinya krikil, ijuk, dan tawas. Ketiga masuk tahap Klorinasi yakni filter berisi Krikil, ijuk, kaporit untuk membunuh kuman, bakteri virus. Terakhir Sekunder – kami beri arang berfungksi sebagai Karbon aktif di mana ada ada pori kecil fungsinya menyaring air limbah sekaligus menetralkan air limbah.” paparnya.

Air hasil penyaringan ini langsung mengairi tanaman hidroponik sebagian dan sebagian lainnya langusng mengalir ke kolam ikan lele. Uniknya hasil dari air limbah ini memberikan dampak berbeda pada tanaman, yakni pertumbuhan buah menjadi sangat cepat.

“Selain itu lele juga gemuk karena dalam air hsil filter ini terdapat alga juga yang bisa dimakan oleh lele. Hasil tanaman dan ikan lele kami buat produk seperti nugget lele, sambal dari tanaman hidroponiknya.” Tandasnya. Mereka juga menerangkan produk-produk yang mereka miliki ini telah dipasarkan dalam aneka pameran seperti car free day mingguan yang digelar di taman bungkul Surabaya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sering Dikira Orang Aceh, Wisudawan UM Asal Thailand Ini Berbagi Suka Duka Hingga Jadi Master Bahasa Indonesia

Sering dikira orang aceh, wisudawan Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) ini ternyata berasal dari negeri gajah putih, Thailand. Dengan perawakan...

Close