Ternyata Dengan Komunikasi Cara Ini Mahasiswa UB Turut Sukseskan Program KB

Infokampus.news, Malang – Ternyata komunikasi dengan mengusung nilai lokal, saat mengedukasi masyarakat dalam program pemerintah KB terbukti cukup membuat warga antusias. Adalah Gravita Alga Biantara, Nadiya Tri Permatasari, dan Dian Septaliana, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang (FISIP) yang mengadakan diseminasi hasil penelitian hari ini (10/7).

Penelitian yang didanai Dikti ini berjudul Penggunaan Nilai-Nilai Lokal dalam Perumusan Model Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Akseptor KB dengan survey Studi Kasus di Kelurahan Kotalama Malang. Mereka melakukan pendekatan social marketing yang terdiri atas 2 tahapan pada masyarakat Kelurahan Kotalama Malang.

“Kelurahan tersebut dipilih karena pengguna KB nya tercatat cukup rendah di Kabupaten Malang.” ujar Nadiya.

Ternyata dengan Komunikasi Ini KB Lebih Mendapat Banyak Aseptor

Tercatat dengan jumlah penduduk 33.867 jiwa, sebagian besar masyarakat takut dengan efek samping penggunaan KB sehingga menolak pendekatan promosi KB yang dilakukan oleh Kader KB dan pamong desa.

“Dari penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 98 responden, kemudian dilengkapi dengan wawancara mendalam dan FGD, didapatkan nilai lokal yang ada di Kelurahan Kotalama adalah nilai keagamaan.”  Tambah dia.

Yaitu dengan ciri khas dilakukannya berbagai kegiatan keagamaan rutin, serta nilai-nilai yang menempatkan kyai dalam posisi yang lebih tinggi dibanding pemerintah.

“Melihat hal tersebut, ada beberapa rekomendasi pendekatan komunikasi efektif untuk meningkatkan jumlah akseptor KB, antara lain memanfaatkan jaringan sosial masyarakat, dan meningkatkan pendampingan pada proses promosi KB oleh kader,” tukas dia.

Disamping itu, menurutnya mereka bisa memanfaatkan keagamaan dalam menyelipkan pesan promosi KB, serta menggunakan bentuk komunikasi kelompok untuk menyisipkan pesan tentang KB. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada Bawa Rasayana di Ajang Internasional

ini adalah kali pertama Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada mengikuti kompetisi internasional

Close