Ternyata Hal Ini Wajib Kamu Waspadai JIka Kuliah di Kota Besar!

Infokampus.news –  Kuliah di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan lain sebagainya akan membuatmu dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Bagi sebagian mahasiswa dari daerah tertentu, merantau ke kota-kota tersebut tentu membutuhkan adaptasi tersendiri.

Kehidupan kota memang membuat segala hal lebih mudah untuk diakses. Kendati demikian, sebagai mahasiswa kamu harus perhatikan beberapa poin berikut supaya tidak terlena dan tetap fokus pada tujuan utama, yakni belajar.

Baca Juga:

1. Serba mahal

Segala sesuatu yang dijual di kota besar biasanya jauh lebih mahal ketimbang di daerah tertentu. Misalnya, untuk membeli makan saja mahasiswa harus bijak. Jangan terlalu sering makan di rumah makan mahal jika tidak ingin uang jajan habis sebelum waktunya.

2. Jalanan macet

Kehidupan kota identik dengan kemacetan. Kepadatan lalu lintas tersebut bisa membuatmu stres, terlebih jika ngekos di tempat yang lumayan jauh dengan kampus. Untuk itu, belajarlah mengatur waktu dengan baik dengan memperkirakan waktu tempuh perjalanan jika kamu terjebak macet.

3. Lingkungan sekitar kotor

Sampah, polusi, dan selokan mampet menjadi masalah lingkungan yang sering terjadi di kota besar. Oleh sebab itu, hati-hati dalam membeli makanan jika kamu tidak ingin sakit perut. Jangan lupa kenakan masker setiap keluar rumah untuk menghindari polusi udara. Bersihkan kamar kos dengan rutin dan jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

4. Pergaulan

Poin ini paling penting jika kamu kuliah di kota besar. Hati-hatilah dalam memilih teman. Salah pergaulan, bisa jadi kamu terjebak dalam hal-hal yang negatif, seperti minuman keras, gaya pacaran yang berlebihan, hingga narkoba. Jika sudah begitu, tentu kuliah menjadi terganggu, bahkan membuatmu tak lulus tepat waktu. (FAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Soroti Pentingnya Berorganisasi, Tokoh Nasional Hadiri Maperca HMI UB Malang

Salah satu kunci utama dari sebuah pembangunan, adalah keberadaan para pemuda. Pentingnya peran pemuda ini, juga mendapatkan perhatian yang sangat...

Close