Ternyata Ini Alasan Mengapa Amerika Menjadi Negara Tujuan Studi Favorit Mahasiswa!

Infokampus.news – Amerika Serikat, negara yang digandrungi banyak pelajar dari berbagai negara di dunia dan menjadi negara tujuan studi favorit mahasiswa, dari tingkat S1, S2, sampai dengan S3. Amerika serikat memiliki kampus-kampus yang menempati deretan universitas terbaik di dunia, seperti Harvard University, Yale University, Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, Columbia University, dan California Institute of Technology.

Faktanya, Amerika memang menjadi negara yang populer di kalangan pelajar dunia. Karena selain kampus-kampus terbaik di dunia berada di negeri Paman Sam tersebut, Amerika Serikat juga menjanjikan pengalaman hidup yang menyenangkan dengan gaya hidup yang beragam disetiap negara bagiannya. Tidak hanya itu, beragam budaya yang bisa kamu temukan dari orang-orang yang datang dari seluruh dunia. Semua hal tersebut akan memberikan pelajaran yang sangat besar dan kamu akan merindukannya saat kembali ke kampung halaman.

Berikut ini beberapa alasan kenapa Amerika banyak dipilih sebagai negara tujuan studi favorit :
Keunggulan akademis

Amerika Serikat memiliki salah satu sistem pendidikan tinggi yang maju didunia. Kenapa begitu? Universitas di Amerika Serikat memiliki beragam program unggulan di banyak bidang. Pada jenjang sarjana, program-program unggulan tersebut tersedia di berbagai disiplin ilmu secara tradisional maupun secara praktikum profesional. Pada jenjang pascasarjana, mahasiswa berkesempatan untuk bekerja secara langsung dengan para pakar di bidang masing-masing. Wah asik banget kan tuh. Selain itu, mereka juga berpeluang terlibat dalam berbagai riset dan peluang akademis lainnya. Gak heran kalau Amerika menghasilkan output sumber daya manusia yang sangat cerdas dan pendidikan yang sangat mumpuni.

Baca Juga:

Berbagai peluang pendidikan

Amerika Serikat bisa menjadi rumah bagi ribuan akademi dan universitas,karena keberadaan kampus-kampus disana serta sistem pendidikannya yang tinggi membuat negara ini dapat memenuhi kebutuhan studi semua orang. Beberapa kampus yang berada di Amerika menekankan pada prinsip-prinsip akademis, dimana kampus lainnya menekankan pada praktik atau penguasaan kemampuan terkait pekerjaan, dan ada juga kampus yang mengusung kekhususan pada seni, ilmu sosial atau bidang teknik. Dalam hal ini, pelajar tidak akan terpaku dalam satu bidang saja, Karena dapat memilih beragam bidang yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan kuasai.

Teknologi canggih

Universitas-universitas yang berada di Amerika membanggakan diri dengankeunggulan teknologi, riset dan metodologi serta dengan menyediakan berbagai fasilitas dan sumber daya yang dapat mendukung pembelajaran para mahasiswanya. Mahasiswa disana akan selalu ter-upgrade kemampuannya dalam menggunakan berbagai teknologi baru.

Peluang riset, pengajaran dan pelatihan

Di Amerika, mahasiswa akan mampu mengambil berbagai pengalaman meneliti sambil menambah sumber dana studi melalui berbagai proyek riset. Banyak program pascasarjana menawarkan peluang pelatihan dan pengajaran yang memungkinkan mahasiswa menjadi asisten dosen bagi mahasiswa sarjana atau asisten peneliti di proyek riset khusus.

Fleksibilitas

Meskipun beberapa program pendidikan sudah terstruktur dengan standar tertentu, mahasiswa bisa menemukan berbagai pilihan untuk memenuhi ketentuan tersebut. Misalnya, di antara mata kuliah bagi mahasiswa S1 bidang seni adalah matematika dan bahasa. Tetapi mahasiswa akan diberikan variasi kelas yang beragam untuk memenuhi kredit di dua mata kuliah itu dan bebas memilih kelas apa saja yang sesuai minat. Bahkan, mahasiswa pascasarjana bisa menyesuaikan jadwal kuliah sesuai target akademis, kebutuhan dan minat.

Layanan pendukung bagi pelajar internasional

Selain berbagai peluang pendidikan, fleksibiltas dalam menentukan programpendidikan, Universitas di Amerika pun memiliki yang namanya kantor layanan khusus bagi para pelajar internasional. Dimana  kantor layanan khusus ini siap membantumahasiswa asing beradaptasi secara di lingkungan budaya maupun akademis yang baru. Salah satu bentuk pelayanan ini adalah saat masa orientasi mahasiswa baru, karena di masa awal tahun ajaran ini para mahasiswa baru masih kebingungan dalam mengetahui informasi secara detail mengenai kampusnya beserta kehidupan akademis dan non akademisnya.

Pendidikan global dan prospek karier jangka panjang

Pengalaman bisa melanjutkan studi di universitas yang berada di AmerikaSerikat ini pun bisa menjadi salah satu keunggulan yang bisa kamu jual seseorang saat mencari kerja. Pasalnya, banyak perusahaan mencari keragaman pengetahuan, kemampuan beradaptasi serta pengalaman lain yang didapatkan selama menempuh studi di luar negeri. Perusahaan mencari individu yang tidak hanya menguasai kemampuan multi bahasa-multi budaya, tetapi juga yang mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan melaksanakan bisnis melintasi beragam budaya.

Pengalaman kampus

Ketika kamu melanjutkan studi di Amerika, kamu tidak hanya mendapatkan pendidikan yang memperluas wawasan kamu saja, tetapi juga pengalaman budaya. Amerika Serikat merupakan negara multicultural yang dimana orang-orang di sana cukupterbuka dan mudah berbaur dengan orang asing. Setiap kampus biasanya dilengkapi berbagai klub dan organisasi yang bisa dipilih mahasiswa untuk mengisi waktu luang sambil mengasah soft skills mereka. Soft skills sangat dibutuhkan saat nanti sudah masuk ke dalam duniakerja, maka dari itu hal itu penting sekali

Itulah alasan mengapa Amerika menjadi negera tujuan studi favorit mahasiswa, semoga bermanfaat! (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan Percepatan 9 Transmisi, Mobil ini Mampu Berhenti Otomatis!

Infokampus.news, Malang - Kenyamanan dan keselamatan berkendara merupakan hal yang paling diincar para pengemudi saat ini. Pengamanan keselamatan inilah yang

Close