Ternyata Sebesar Ini Lho Kiprah Mahkamah Konstitusi dalam Dunia Pendidikan

Infokampus.news, Malang – Dalam kuliah umum yang digelar di aula sarwakirti Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) ketua mahkamah konstitusi Dr. Anwar Usman S.H., M.H. mengungkapkan besarnya kiprah MK dalam bidang pendidikan di Indonesia. Dalam kuliah umum bertajuk “Konstitusi dan tujuan pembangunan yang berkelanjutan harmonisasi dalam pendidikan” hari ini (28/12) kiprah Mahkamah Konstitusi sendiri tetap berada pada jalur penegakan konstitusi berkaitan dengan bidang pendidikan.

“Seperti dulu misalnya anggaran pendidikan itu hanya 11 koma sekian persen dari APBN dan APBD, nah ini kan seharusnya dalam konstitusi 20% maka kami harus meluruskan di bagian itu.” Tukasnya saat ditemui wartawan.

Dirinya yang sempat bertahun-tahun mengajar sebagai guru juga menyikapi fenomena lain dalam pengajaran di Indonesia. Yakni yang sering menjadi trending topik, kriminalisasi guru.

“Kriminalisasi itu kan maknanya si tertuduh tidak melakukan apa-apa tapi harus di kriminalkan. Tapi beda kasus kalau si pelakunya ini melakukan tindakan ya,” terangnya.

Namun dirinya yakin semua perbuatan seperti menjewer atau memukul dengan penggaris jika siswa tidak disiplin bukan sebagai bentuk kriminal melainkan bentuk pembelajaran kepada siswa.

“Karena saya dulu juga guru ya yang seperti itu wajar. Yang tidak boleh itu kan kalau misal sampai berdarah-darah gitu. Saya yakin tujuannya kalau sebatas seperti itu ya mendidik saja.” Ungkapnya.

Ia juga memberikan banyak pengetahuan tentang konstitusi di Indonesia dan bagaimana selama ini konstitusi berhasil menjadi acuan para pemimpin negeri dalam menjalankan tugas negara pada ribuan mahasiswa Unikama. Hal inilah yang memang diinginkan kampus Unikama dalam acara kuliah umum kali ini.

Rektor Dr. Pieter Sahertian M.Si menyebutkan banyak pengetahuan dan juga wawasan baru yang bisa mahasiswa dapatkan langsung dari Anwar Usman.

“Konstitusi ini dasar hukum utama dan mahasiswa perlu dipahamkan agar kedepan mereka bisa memahami betapa pentingnya menerapkan konstitusi dalam kehidupan mereka.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Dies natalis ke-17 FEB Unikama, Para Mahasiswa Curi Perhatian Hingga Ada Snack Stik Tape
  • Infokampus.news, Malang - Dalam rangka milad Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ke 39, diselenggarakan serangkaian acara Mathematics Education Festival #4 (MEF #4).  salah satunya Lomba Karya Tulis Esai Tingkat Mahasiswa Nasional dengan mengusung tema “Meningkatkan Inovasi Pembelajaran Matematika Menuju Generasi Intelektual di Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Salah satunya adalah perguruan tinggi swasta yang ada…
  • Infokampus.news, Malang – Mengangkat tema “Kesenian dan Intelektual berbasis Kearifan Lokal” kali ini Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) merayakan Dies Natalis yang ke IX. Dies Natalis kali ini, PGSD Unikama mengadakan brbagai pelrombaan tingkat Nasional untuk seluruh SD, SLTA dan Universitas yang ada di Indonesia. Kegiatan di mulai dari hari Rabu pada tanggal 5 Desember dan berakhir pada tanggal 6 Desember 2018. “Kegiatan hari pertama…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Dies natalis ke-17 FEB Unikama, Para Mahasiswa Curi Perhatian Hingga Ada Snack Stik Tape

Dies natalis ke-17 FEB Unikama, Para Mahasiswa Curi Perhatian Hingga Ada Snack Stik Tape

Close