Tertarik Kuliah di Universitas Terbuka? Pertimbangkan Lebih Dulu Beberapa Hal Ini!

Infokampus.news – Kuliah merupakan persoalan yang patut diperhitungkan dalam tumbuh kembang kita sebagai bangsa yang berpendidikan. Banyak pertimbangan yang harus diketahui agar pilihan yang ditempuh berjalan sesuai ekspektasi, cita-cita, dan harapan kita. Terlebih untuk urusan kuliah. Banyak yang berkeinginan kuliah di kampus yang jauh dari tempat tinggal sehingga membuatnya untuk merantau. Ada juga yang memiliki pandangan bahwasanya kuliah bisa dilakukan secara fleksibel dimana saja dan kapan saja. Untuk yang terakhir, banyak orang menjatuhkan pilihannya kepada Universitas Terbuka (UT).

Banyak orang berpendapat, bahwa kalau ingin kuliah dengan fleksibel dan mudah. Maka jawabannya jatuh pada UT. Mengingat Universitas Terbuka adalah kampus yang murah dan fleksibel, banyak orang yang memilih kuliah di UT adalah orang-orang yang telah bekerja.

Tertarik kuliah di UT? Kamu harus pikirkan hal-hal berikut ini, Sobat Fokus!

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Masuk Universitas Terbuka
1. Ketersediaan Internet di Daerah Tempat Tinggalmu

Internet adalah salah satu syarat wajib dalam menghadiri perkuliahan di Universitas Terbuka. Tanpa adanya koneksi internet. Mahasiswa tidak akan bisa mengakses materi UT. Karena sebagian besar materi UT hanya bisa diakses lewat internet di situs : student.ut.ac.id. Maka, pastikanlah ditempat kamu itu tersedia koneksi yang memadai.

2. Kemampuan Belajar Mandiri

Mahasiswa yang lulus di Universitas Terbuka adalah orang-orang pilihan yang bisa belajar secara mandiri. Maksudnya belajarnya disini adalah belajar yang tanpa ada perintah dari dosen atau pergaulan dengan teman. Jadi maju atau tidaknya dan lulus atau enggaknya mahasiswa di UT ya.. tergantung dari kesiapan dia untuk bisa belajar mandiri. Ini adalah inti dari hal yang harus dipertimbangkan ketika kuliah di Universitas Terbuka.

3. Inisiatif untuk Bergaul

Kebanyakan orang yang kuliah di Universitas Terbuka adalah orang-orang yang sudah bekerja atau sibuk dengan usahanya. Dan saya yakin Anda juga begitu.
Salah satu kunci keberhasilan kuliah di UT adalah kemampuan untuk bergaul dengan orang baru, kemampuan disini dengan inisiatif. Karena temannya jarang ketemu dan kalaupun ketemu hanya di Online. Maka kamu harus bisa bergaul dengan mereka secara aktif.

4. Tujuan Kuliah

Kalau tujuan kamu kuliah adalah untuk mendapatkan ijazah yang berlabel negri. Maka pilihan ke UT adalah pilihan yang cukup bagus.
Namun kalau tujuannya cukup banyak, seperti mencari relasi, menimba ilmu dengan serius, mencari pacar. Well.. Maka disarankan kamu memilih kuliah di unversitas dengan kelas ekstensi atau karyawan saja. Karena beberapa universitas seperti universitas jayabaya juga menyediakan kelas ekstensi yang mudah dan fleksibel seperti Universitas terbuka.

5. Yakin dengan Kemampuan Sendiri

Masuk kuliah di Universitas Terbuka, berarti kamu juga harus siap dengan kondisi seperti ini. Karena ketika ujian di UT. Kamu akan mendapatkan nomor bangku yang acak dan kecil kemungkinannya ada teman yang satu jurusan sama kamu..
Hayo lho.. Ga bisa nyontek deh..
Makanya Lulusan di UT ini terbilang hebat dan murni, karena mereka adalah the great single fighter.

6. Mengerjakan Karya Ilmiah Sendiri

Kuncinya adalah kemampuan untuk selalu berusaha dan berinisiatif. Kembali kesana! Karena nanti di AKhir kuliah, kamu akan menemukan yang namanya tugas karya ilmiah dan Tugas Tahap Akhir, dan dua tugas ini wajib kamu selesaikan sendirian.

7. Belajar Lewat E-Book

Masalah terbesar dari orang indonesia adalah kurangnya minat membaca.
Padahal membaca adalah syarat utama dalam menjalankan kuliah di Universitas terbuka.
Bahkan saking pentingnya membaca, ada salah satu alumnus UT yang bilang kalau mau lulus di UT syaratnya ada3. Yakni Membaca, Membaca dan Membaca.
hal ini ditambah lagi dengan bacaan yang diberikan berupa e-book atau pdf.

Yap, begitulah hal-hal yang harus Sobat Fokus pertimbangkan dengan bijak dan seksama sebelum memilih kuliah di UT. So, jalani pilihanmu dan bijaklah dalam memutuskan. (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
pengerjaan skripsi
5 Cara Ini Bantu Pengerjaan Skripsi Jadi Hemat Kertas lho!

Infokampus.news - Puncak yang paling mengesankan dari proses panjang meraih gelar sarjana adalah pengerjaan tugas akhir. Tugas akhir, yang biasanya akrab

Close