Tidak Berhenti pada PKKMABA, Mahasiswa Baru UB serbu 44 Stan UKM UB

Infokampus.news – prestasi mahasiswa merupakan salah satu dari sekian banyak indikator yang meningkatkan mutu pendidikan. Tidak hanya prestasi akademik, mahasiswa juga dituntuk mampu mengembangkan kemampuan non akademik.

Sebagai perguruan tinggi yang menduduki peringkat keempat bidang kemahasiswaan, UB telag menjadi salah satu kampus yang menjadi acuan di tingkat Nasional. Hal ini diungkapkan Rektor UB, Prof Dr. Ir. Nuhfil Hanani Ar. Ms dalam pembukaan Open House Unit Kgeiatan Mahasiswa (UKM) Minggu (23/9).

Acara open house yang digelar di lapangan rektorat dibuka dnegan perkenalan mahsing-masing UKM melalui pentas pertunjukan. Para mahasiswa baru juga diperkenalkan oleh berbagai macam stan UKM yang berada di sepanjang jalan lapangan rektorat. Sebagian besar mahasiswa baru sangat tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang belum pernah mereka ikuti di sekolah.

Di depan ribuan maba UB, Prof Nuhfil mengungkapkan bahwa prestasi non-akademik merupakan wujud kerja keras dan dedikasi mahasiswa yang tidak boleh dipandang sebelah mata, hal ini tercermin dari prestasi mahasiswa beberapa bulan terakhir seperti PIMNAS dan kompetisi reog Nasional.

“Walaupun UB meraih juara ke 2 dalam Pimnas ke 31, banyak pergruan tinggi lain memandang UB layak menjadi juara umum karena UB masih memegang raihan terbanyak, dengan 6 kali juara umum” Ungkapnya.

Prof Dr. Ir Arief Prajitno selaku WR III pun menambahkan jika bidang non akademik tidak hanya sebatas penelitian ilmiah dan studi riset semata. Namun mahasiswa juga dapat mebgaplikasikan melalui beragam bidang seperti seni, olahraga, kesehatan dan kebudayaan.

Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui kemenangan tim reog Unitantri UB dalam kompetisi reog tingkat Nasional 2018, dengan raihan prestasi dua kali berturut-turut. “Ub sendiri sedang menyusun agenda di tahun mendatang untuk menggelar kompetisi reog Internasional. Hal ini juga menjadi bagian untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah terhadap Negara lain.” Ungkapnya.

Tak luput, beliau menambahkan jika kegiatan Open House ini merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa baru yang memiliki minat terhadap bidang non-akadmeik. Mengembangkan sebuah hobi menjadi kompetensi adalah tujuan utama UB dalam meregenerasi mahasiswa berprestasi. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
business model canvas
Pelatihan Business Model Canvas dan Varian Olahan Coklat oleh BIW UB

Infokampus.news – menutup rangkaian kegiatan Chocolate Goes to Campus yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 September

Close