Tidak Biarkan Tuna Daksa Buta Teknologi, Dosen Ma Chung Ini Kembangkan Teknologi Mouse Bersensor Khusus

Infokampus.news, Malang – Tangan memang sangat esensial dan sangat diperlukan ketika kita harus bersentuhan dengan teknologi, namun apa jadinya bila sebagian masyarakat merupakan tuna daksa atau tidak memiliki tangan? Tidak memiliki tangan bukan berarti harus menjadi gagap teknologi, setidaknya hal inilah yang ingin disampaikan Romy Budi Widodo melalui mouse ajaib dengan sensor gerak khusus bagi mereka yang hanya memiliki lengan atas saja.

Melalui penelitiannya ini ia menciptakan alat pengganti mouse yang bisa ditempelkan di bagian tangan yang masih bisa berfungsi dan akan bergerak sebagai pengganti mouse.

“Ini penelitiannya masih terus berlanjut dan saya ingin agar erornya semakin kecil serta mousenya juga bentuknya semakin kecil.” Ungkap dosen Teknik Informatika Ma Chung ini.

Untuk saat ini alatnya masih memiliki sensor yang mampu menangkap gerakan 3 dimensi tangan. Sensor tersebut melekat di salah satu lengan sedangkan lengan sebelah lawannya (misal kiri) untuk meng-klik mouse-nya.

“Pernah saya praktikkan ke kenalan saya yang difabel juga namun ada saran yang harus saya perbaiki sekarang misalnya meminimize ukuran.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Cari Tahu Yuk Cara Masuk PTN Selain Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Ia bersyukur pemerintah aktif dan berinisiatif untuk mengembangkan penemuannya ini dengan memberikan dana hibah. Rencananya dana ini akan langsung ia pergunakan untuk meng-upgrade penelitiannya ini agar semakin cepat digunakan bagi yang membutuhkan.

“Saya dapat hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) tahun 2019 ini. Rencananya saya akan meningkatkan tingkat kesiapan teknologinya, saat ini prototype meskipun sudah jalan namun ingin menaikkan level teknologinya menjadi produk yang siap pakai, dengan performa yang lebih baik.” Tandasnya.

Seperti itulah komitmen yang ingin dibangun oleh Universitas Ma Chung kedepan, menjadi unggul bukan hanya ‘membangun menara gading’ yakni unggul di bidang tertentu saja, namun juga memberikan pelayanan ekstra bagi masyarakat dengan berbagai ilmu dan inovasi. Dengan demikian kampus mampu menebar manfaat, sesuai dengan harapan rektor yang baru saja dilantik Dr. Murpin Josua Sembiring, S.E., M.Si., dalam sambutannya saat dilantik menjadi rektor beberapa waktu lalu.

“Memuliakan Tuhan melalui ahlak pengetahuan dan kontribusi nyata insan akademik yang berdaya cipta.” (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *