Tidak Cocok Dengan Teman Satu Kost? Lakukan Langkah Ini!

Infokampus.news – Ngekos bagi mahasiswa adalah hal yang biasa, baik yang memang merantau atau ingin mencoba hidup mandiri. Bahkan, tak jarang mahasiswa memilih berbagi kamar kos dengan teman sehingga memiliki teman satu kost atau roommate.

Kendati demikian, berbagi ruangan dengan orang lain kerap terjadi ketidaksepahaman lantaran berbeda kebiasaan. Dilansir dari Collegelife About, jika kamu mengalami situasi seperti ini, ada baiknya lakukan beberapa hal berikut.

1. Pikirkan penyebabnya

Ada dua kemungkinan saat kamu merasa tak cocok dengan teman sekamar. Pertama, sama-sama tahu dan yang kedua temanmu tak tahu kalau kamu merasa tidak nyaman dengan tindakannya. Oleh sebab itu, sebelum membicarakan dengannya, coba pikirkan apa penyebab ketidakcocokan tersebut. Misalnya, karena teman tak menghormati privasi atau sering pulang malam.

Baca Juga:

2. Atur waktu untuk bicara

Komunikasi yang baik sangat penting jika kamu berbagi kamar kos dengan teman. Jadi, ketika ada masalah, cobalah untuk bicara dengan teman kamarmu. Atur waktu yang tepat sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah secara tuntas. Jika merasa tak nyaman bicara langsung mengenai keluhanmu, mintalah bantuan, seperti teman atau ibu kos.

3. Dengarkan penjelasannya

Ketika kamu mengungkapkan rasa kesal kepada teman kamar, atur nada bicaramu agar tidak terlalu tinggi. Sebab, hal tersebut bisa memicu emosi, baik dari dirimu atau teman sekamar. Beberkan keluhan dengan alasan yang logis sehingga itu mengganggumu. Kemudian, jadilah pendengar yang baik. Jangan hanya mengungkapkan kekesalan sendiri, tetapi tidak mendengarkan penjelasan dari teman kamarmu.

4. Lakukan kesepakatan

Setelah berdiskusi, tentu hubungan dengan teman kamar akan sedikit canggung. Cobalah untu tetap tenang dan beri waktu hingga hubungan bisa normal kembali. Kemudian, mulai lakukan kesepakatan baru dari hasil diskusi sebelumnya. Jika tidak berjalan baik, artinya kamu dan temanmu memang lebih cocok berteman biasa dibandingkan dengan berbagi kamar kos. Upaya terakhir, yakni pindah kos atau cari teman kos baru. (FAM)

 

Sumber: Brilio

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beasiswa di American University AS Jenjang S1!

Peluang beasiswa ini disediakan American University bagi siswa internasional yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1 di Amerika Serikat. AU...

Close