Kini Ada Alat yang Bisa Deteksi Banjir Lewat Smartphone, Penasaran?

Infokampus.news – Banjir menjadi bencana yang kerap melanda berbagai daerah di Indonesia. Berangkat dari persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yakni Ananda Amri, Farida Rismayanti dan Mochamamad Fauzan menciptakan sebuah alat yang bisa deteksi banjir lewat smartphone.

Alat tersebut diberi nama Early Flood Detector with Android Monitoring System. Cara kerja alat ini diaplikasikan melalui smartphone sehingga masyarakat cepat tanggap menghadapi bencana.

Baca Juga:

Ketua tim, Fauzan menjelaskan, Early Flood Detector merupakan aplikasi mitigasi pra bencana banjir. Terdapat sensor yang dapat membaca jarak dari lokasi tempat seseorang berada ke permukaan sungai.

“Jika terjadi kenaikan air secara tiba-tiba, maka alat ini akan mengirimkan notifikasi ke smartphone pengguna,” ujarnya dinukil dari laman ITS, Kamis (6/10/2016).

Mahasiswa teknik geofisika itu mengungkapkan, pembuatan aplikasi ini terinspirasi dari rekaman seismograf gempa yang bisa mendata guncangan secara real time. “Jika seismograf dapat mendeteksi gempa, kami ingin membuat alat yang dapat mendeteksi banjir,” terangnya.

Selama pembuatan alat, Fauzan mengaku merasa kesulitan saat proses menghubungkan sensor dengan smartphone. Saat ini, alat tersebut masih berupa prototype yang perlu dikembangkan lagi.

“Saya dan tim banyak belajar mandri untuk merampungkan aplikasi ini. Syukurnya banyak taman UKM Robotika yang turut membantu dalam pengerjaannya,” ucapnya.

Berkat inovasinya, Early Flood Detector berhasil meraih juara pertama pada lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Universitas Dipenogoro (Undip) pada September lalu. Ke depan, timnya pun bertekad untuk menambah fitur yang lebih bermanfaat dan memperpanjang jarak sensornya.

“Insya Allah kedepannya akan mencoba digabung dengan sensor curah hujan dan kecepatan aliran. Datanya pun akan dipermudah untuk di akses di website,” pungkasnya. (FA)

 

Sumber: Tempo

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Launching 4G LTE XL bareng Nadine dan Barasuara, Sakri UB Dibanjiri Penonton

Ribuan peserta membanjiri Sasana Krida (Sakri) Universitas Brawijaya (UB) dalam acara launching 4G LTE provider XL dan Seminar Entrepeneur hari...

Close