Tidak Sabar Menunggu Hasil Tes UTBK? Coba Simak Informasi Berikut ini!

Infokampus.news –  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 sudah dimulai sejak Sabtu pagi  (13/4). Pelaksanaan pertama ujian berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompeten Akademik (TKA) yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK kali ini memiliki banyak kemudahan bagi peserta, termasuk tes dapat dilakukan di setiap provinsi dan hasil nilai dapat muncul 10 hari setelah tes beserta rata-rata nilai dari seluruh peserta secara nasional.

“Saya berharap jangan sampai terjadi gugup atau risau. Silakan Anda mendaftar, masih ada waktu yang cukup, yaitu 24 kali tes. Ini masih ada kesempatan banyak,” pesan Menristekdikti kepada seluruh peserta UTBK. Setelah memeriksa lokasi UTBK di seluruh Indonesia, Menristekdikti juga berkesempatan melihat pelaksanaan UTBK di salah satu lokasi UTBK, yaitu Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba di Jakarta. Di hadapan awak media, Menristekdikti menyatakan peserta UTBK diharapkan dapat belajar dari tes pertamanya di UTBK untuk mencoba lagi pada tes kedua, apabila dia merasa belum maksimal di tes pertama.

“Kalau dia pada saat tes, nilainya dirasa kurang yakin, dia diberikan kesempatan lagi untuk tes kembali. Dua kali dia bisa melakukan tes ini,” ungkap Nasir di Gedung Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) UI setelah melihat pelaksanaan UTBK di Kampus UI Salemba.

Nasir juga menyampaikan lokasi tes tidak dijadikan landasan diterima atau tidaknya pendaftar SBMPTN. Pandangan calon mahasiswa harus mengambil tes di perguruan tinggi yang ingin dituju adalah pandangan yang salah.

“Tempat tes semua sama, yang penting hasil nilainya nanti nilai yang tertinggi. Inilah yang digunakan untuk mendaftar, jadi jangan khawatir pada rakyat Indonesia yang mereka tes di daerah masing-masing. Katakan dari Maluku, dari Papua, kemudian dia akan ambil di Universitas Indonesia, silakan. Apakah nanti ada bedanya yang tes di Papua sama yang di Jakarta? Semua lokasinya sama,” ungkap Menristekdikti. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2019 dilaksanakan mulai hari ini, Sabtu (13/4/2019). UTBK merupakan salah satu syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Setiap harinya, akan berlangsung dua sesi tes UTBK, yakni pagi dan siang, dengan jumlah total 20 sesi.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan siswa untuk dapat mengikuti UTBK. Pertama, jangan lupa membawa dokumen perlengkapan untuk UTBK. dokumen yang harus dibawa adalah Kartu Tanda…
  • Infokampus.news - Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai bagian dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah dimulai sejak hari ini, Sabtu (13/4/2019). Tes dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan terbagi dua sesi, yakni pukul 7.30 pagi dan 12.30 siang, menyesuaikan waktu setempat. Peserta UTBK 2019     LTMPT mencatatkan ada sebanyak 698.505 peserta yang mengikuti UTBK gelombang pertama. Jumlah tersebut terdiri dari 374.641 peserta untuk kelompok ujian…
  • Infokampus.news - Mulai UTBK, 2.858 orang calon mahasiswa terdaftar mengikuti tes SBMPTN Universitas Lampung. UTBK sendiri serentak dilakukan hari ini di seluruh Indonesia. Selain itu Institut Teknologi Sumatera, jumlah peserta UTBK masuk kampus dari jalur reguler ini sebanyak 863 orang. Humas PMB, M Komarudin Unila mengungkapkan panitia saat ini telah melakukan persiapan secara matang. Di antaranya, menyiapkan sekitar 1.400 unit komputer. "Selain komputer, server juga sudah terkoneksi. Semua peralatan ujian…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
pengembangan learning object
Pentingnya Pengembangan Learning Object di Era Big Data, LP3L Unikama Gelar Workshop

Infokampus.news, Malang -  Lembaga pengembangan pembelajaran dan praktek lapangan (LP3L) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan workshop bertajuk Pengembangan Learning Object

Close