Tidak Siap MEA, Guru Indonesia Bisa Tidak Laku!

Infokampus.news, Malang – Kompetensi tenaga pengajar di Indonesia mulai harus ditingkatkan dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang tentu saja menjadikan persaingan semakin ketat dan juga membutuhkan kemampuan lebih. Itulah yang disampaikan Edy mulyono, S.E, M.M, Kasubit akademik ditjen pembelajaran dan kemahasiswaan (belmawa) pada acara yang digelar Universitas Negeri Malang (UM) beberapa waktu silam

“Bisa saja guru di Malaysia sekarang sedang belajar bahasa di negaranya, lha saat mereka masuk Indonesia kita kacau,” ujarnya.

Baca Juga:

Ia mengatakan hal ini sangat perku diantisipasi oleh setiap guru maupun calon guru yang ada di Indonesia, dengan cara menangani permasalahan guru di Indonesia.

Permasalahan Guru, Terutama di Daerah 3T Harus Lebih Diperhatikan

Ia memaparkan bagaimana sebenarnya permasalahan guru yang ada di Indonesia yang masih belum sesuai dengan harapan.

“Permasalahan guru di Indonesia itu ya pertama, di daerah 3T kita kurang guru, dua, yang mengajar tidak sesuai bidangnya atau tidak linier, empat mereka tidak memenuhi kualifikasi untuk menjadi tenaga pengajar disana istilahnya belum standar lah,” tambahnya kemudian.

Selain itu Edy juga menuturkam tidak semua pendidikan guru yang sudah ada bermutu baik dengan standar yang sesuai, terutama dalam pembangunan karakter ia merasa masih kurang.

“Pendidikan guru ini harus ditingkatkan kualitas mutunya, harus lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

Penulis : Irma Puspita

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Angka Kriminalitas Rendah, Kanada Layak Jadi Destinasi Studi

Saat ini Kanada belum menjadi destinasi studi utama bagi pelajar internasional. Di sisi lain, Kanada memiliki kualitas pendidikan yang baik.

Close