Tiga Tokoh Alumni UI Ini Jaga Gawang Ekonomi Indonesia

Alumni UI – Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, kemarin melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. Tim utama di sektor ekonomi makro sedikit mengalami perubahan, karena Sri Mulyani Indrawati kembali menjadi penjaga gawang fiskal Indonesia.

Di sektor ekonomi makro ini, tiga menteri ekonomi Jokowi diduduki oleh alumni Fakultas Ekonomi Universitas Ekonomi (FEUI). Tiga menteri tersebut adalah, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga :

Tim Diharapkan Solid Dan Kuat

Darmin merupakan lulusan FEUI tahun 1976, Sri Mulyani lulusan FEUI tahun 1986, dan Bambang Brodjonegoro lulusan FEUI tahun 1990. Menurut Pengamat Ekonomi, Aviliani, trio UI di tim ekonomi Jokowi ini diharapkan akan solid menjaga ekonomi Indonesia dan bisa berkoordinasi dengan baik.

“Kalau lihat saya melihat mereka kan sama-sama dari UI yah. Artinya mereka selam ini dari pemerintah ke pemerintah ada jalinan baik. Khususnya trio ini harusnya ekonomi kita lebih baik, karena Bappenas sebagai perencana dan mengajukan dan membuat harusnya Menteri Keuangan, Menko Perekonomian melakukan koordinasi kebijakan, harusnya lebih baik,” tutur Aviliani di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Khusus Sri Mulyani, Aviliani mengatakan bahwa langkah Jokowi menunjuk mantan Direktur Bank Dunia ini meningkatkan kepercayaan pasar keuangan dan berharap memperkuat kurs Indonesia. Pekerjaan Sri Mulyani saat ini adalah menjaga kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty agar berhasil. Karena pemerintah menargetkan dana tebusan Rp 165 triliun yang masuk dari hasil tax amnesty tahun ini.

“Tapi tax amnesty saya pantau di bank-bank sudah ada yang bayar (tebusan) 2%. Saya lihat kalau yang di dalam negeri banyak yang sudah ikut, semua memanfaatkan ini, kalau melihat sanksinya sangat berat. Namun yang perlu dijamin adalah repatriasi karena mereka melihat kepastian hukumnya,” papar Aviliani. (ir)

 

Sumber : Detik.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Kiat UNISMA Untuk Mendongkrak PKM!

Salah satu kiat Universitas Islam Malang atau UNISMA untuk mendongkrak mahasiswa agar menyusun proposal Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM

Close