Tim Career Development Center Unikama Blak-Blakan Beri Resep Jitu Trik Melamar Kerja

Infokampus.news, Malang – Untuk para fresh graduate, trik melamar kerja memang merupakan skill yang sangat mahal dan juga jarang dimiliki. Untuk itu, Career Development Center (CDC) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan Pelatihan Persiapan Psikotes dan Wawancara Kerja pada ratusan calon alumni Unikama di Auditorium Multikultural hari ini (28/2).

Khairul Bariyyah, tim CDC dalam materinya menyampaikan beberapa tips jitu, diantaranya adalah tips untuk mempercantik Curriculuk Vitae (CV) atau data diri saat menyerahkan dokumen lamaran kerja.

“Berapa banyak CV yang ditolak dan ditumpuk saja oleh HRD. Sangat banyak, itu karena CV anda tidak menarik. Apa yang membuat menarik? Tentu saja kalian harus secara rinci menjelaskan prestasi dan pengalaman kerja maupun organisasi kalian pada perusahaan yang anda tuju,” ungkap Khairul Bariyyah.

Selain itu ia mengungkapkan, harus ada email resmi dan juga nomor handphone yang tidak bergonta ganti yang dicantumkan dalam CV. “Bikin email resmi jangan email dengan nama alay ya, itu menunjukkan kalian seperti apa. Selain itu jangan gonta ganti nomor, kalian sudah dewasa pilih satu nomor yang dipakai seumur hidup kalian,” terangnya.

Jika berkas-berkas lolos, tentu tahapan selanjutnya adalah psikotes dan juga wawancara kerja. Pada bagian ini ia menyarankan para calon fresh graduate ini untuk tidak memforsir diri untuk belajar dan berlatih sebelum tes.
“Jangan begadang karena belajar, belajarnya harus dari sekarang. Saat tes pastikan tidur cukup dan sarapan karena itu tes yang membutuhkan otak yang jernih,” lanjutnya.

Ia juga memberikan beberapa materi psikotes bagi para mahasiswa dan diungkapkan bersama-sama jawabannya. Selain itu ia juga menyarankan untuk mengirimkan CV di hari Senin hingga Rabu saat jam kerja. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.