Tim Perwakilan Indonesia Cetak Prestasi di Ajang International Geography Olympiad (IGeo) 2019

Infokampus.news– Perwakilan dari Indonesia kembali torehkan prestasi di ajang bertaraf internasional. Berita membanggakan ini datang dari Tim Olimpiade Geografi Indonesia yang berhasil mencetak prestasi sebagai Juara Umum dalam ajang “International Geography Olympiad (IGeo) 2019” yang diselenggarakan di Hong Kong pada tanggal 30 Juli – 5 Agustus 2019 lalu.

Pada ajang ini semua peserta harus melewati tiga babak tes. Babak pertama yaitu ada Written Response Test (WRT/Tes Tertulis), lalu yang kedua ada Fieldwork Test (FWT/Tes Lapangan), dan yang terakhir  Multimedia Test (MMT/Tes Multimedia). Menurut laporan dari Steering Committee IGeo 2019, Tim Olimpiade Geografi Indonesia unggul pada Tes Tertulis, dimana hal ini dibuktikan dengan total skor yang berhasil menduduki peringkat 3 dari 44 negara. Untuk Tes Lapangan Indonesia berada pada peringkat ke-7 dan untuk Tes Multi Media, berada di peringkat 7 juga.

Secara keseluruhan, tim Indonesia berhasil mencapai peringkat paling tinggi dengan total skor 262.91, kemudian di posisi kedua ada USA dengan total skor 254.62 dan posisi ketiga ada United Kingdom dengan total skor 252.19. Dengan ini perolehan skor dari Tim Olimpiade Geografi Indonesia berhasil menduduki peringkat 1 dari 44 negara dengan jumlah peserta sebanyak 176 siswa dan berhasil meraih predikat Top Country dari seluruh negara untuk pertama kalinya.
Tim perwakilan dari Indonesia ini terdiri dari empat siswa berprestasi yakni Fernando dari SMA Sutomo 1 Medan (memperoleh 1 emas),  Fayola dari SMA Methodist 3 Medan (memperoleh 1 emas),  Hadyan F. Anshori dari MAN Insan Cendikia Gorontalo (memperoleh 1 Perak) dan yang terakhir ada Agista Kumala Dewi SMA dari Semesta BBS Semarang (memperoleh 1 Perak).

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

Atas prestasi yang ditorehkan ini, kedepannya Indonesia akan  terus berusahan untuk meningkatkan metode pembinaan, khususnya di bidang Tes Lapangan dan Tes Multimedia, hal ini dikarenakan tantangan IGeo periode depan diprediksikan akan  jauh lebih sulit daripada tahun ini. Lalu berdasarkan IGeo Task Force Meeting Board, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah International Geography Olympiad (IGeo) ke-18 tahun 2021 nanti. Alasan mengapa Indonesia menjadi tuan rumah pada IGeo tahun 2021 nanti, yaitu karena Indonesia dinilai telah berhasil dan memenuhi persyaratan sebagai tuan rumah. (Sil)

Dokumentasi: PSMA Kemendikbud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *