Tingkatkan Kualitas PT, Menristekdikti Siapkan Internasionalisasi

Infokampus.news, Malang – Perguruan tinggi di Indonesia dituntut untuk menigkatkan kualitas pendidikannya sampai ke taraf internasional. Dengan kulitas yang baik, maka perguruan tinggi akan medapatkan reputasi serta kualitas sumber daya manusia yang baik pula.

Hadapi Globalisasi Lewat Internasionalisasi PT

Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Purwanto Subroto, PhD., mengatakan perguruan tinggi harus siap menghadapi globalisasi dengan program internasionalisasi perguruan tinggi. Sebab, perguran tinggi yang mampu mencapai taraf internasional maka dijamin akan menghasilkan SDM yang baik pula.

“Karena dengan dilakukannya internasionalisasi, maka perguruan tnggi akan mendapatkan SDM yang bagus, jaringan yang bagus, serta program-program yang bagus pula. Untuk mencapai ke sana, banyak program-program perguruan tinggi yang secara tidak langsung meningkatkan kualitasnya,” ungkapnya seperti dikutip dari Unpad.ac.id

Internasionalisasi Meningkatkan Kualitas SDM

Lewat program internasionalisasi ini, maka mahasiswa pun akan lebih didorong untuk memasuki dunia global. Lebih lanjut, dengan meningkatnya jumlah mahasiswa internasional di sebuah perguruan tinggi, diharapkan akan terjadi peningkatan interaksi antara mahasiswa dalam dan luar negeri, dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa.

Baca Juga :

“Dengan program internasionalisasi ini juga, akan banyak mahasiswa dari negara lain yang mengenyam pendidikan di perguran tinggi Indonesia. Hal tersebut berimbas positif, Karena mereka akan memperkenalkan perguruan tinggi di Indonesia di mata dunia,” tambah Purwanto.

Kemenristek Menyiapkan Program untuk Menunjang Internalisasi

Tetapi sangat disayangkan, belum semua perguruan tinggi siap untuk melakukan program internasionalisasi ini. Untuk itu, Kemenristekdikti telah menyiapkan beberapa program untuk mendorong internasionalisasi perguruan tinggi.

“Persiapan tersebut diantaranya dilakukan melalui dibentuknya sejumlah unit khusus di perguruan tinggi mengenai urusan internasional, mempromosikan program-program berskala internasional, dan diadakannya konsorsium riset berskala internasional,” paparnya.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Era Digital Sudah di Depan Mata, Ayo Siapkan Diri!
Era Digital Sudah di Depan Mata, Ayo Siapkan Diri!

Era digital sedang sedang berlangsung kini, identik dengan penggunaan teknologi di setiap lini kehidupan kita. Persiapan menyambut digitalisasi inilah yang...

Close