Tingkatkan Mutu pendidikan, Unhas Adakan Kerja Sama Internasional

Infokampus.news – Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin akan mengadakan kerjasama dengan Universitas Internasional. Universitas internasional yang digadang-gadang akan bergabung dalam kerja sama ini adalah Melbourne University dan Victoria University.

Harapannya dengan diadakannya kerja sama ini akan mengembangkan institusi perguruan tinggi, terutama Universitas Hasanuddin, sehingga dapat meningkatkan standar mutu dalam tingkatan global. Dengan kata lain, kerjasama ini diharapkan mampu membawa Universitas Hasanudin pada level yang setara dengan Universitas terbaik di dunia .

Rektor Unhas, Profesor Dwia Aries, yakin dan percaya bahwa kerjasama ini akan meningkatkan peringkat Unhas di World Class University. Hal ini dikarenakan salah satu kriterianya sudah dimiliki Unhas yaitu adanya kelas internasional dan kerja sama dengan Universitas internasional.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, mendukung secara penuh kerja sama kedua belah pihak ini. Pihak PANRB sendiri juga akan memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan peringkat Unhas di tingkat dunia dan Asia. Pada saat ini Unhas berada di peringkat 300-an untuk level Asia dan peringkant 500-an untuk level internasional.

Baca Juga :  AIABI Gelar Kongres dan Seminar Nasional di FIA Universitas Brawijaya, Salah Satu Agenda Pilih Ketum Baru!

Tidak hanya meningkatkan mutu di dunia pendidikan, kerja sama ini juga diprediksi akan mendorong peningkatan program birokrasi di Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya juga mencangkup kerja sama untuk melakukan riset dan pembangunan kapasitas aparatur pemerintah. Hal lain yang menjadi keuntungan dari adanya kerja sama ini adalah aparatur sipil negara (ASN) dapat menghasilkan orang-orang berkualitas untuk mengambil kebijakan mengenai reformasi birokrasi, public policy, dan public administration.

Bersama dengan PANRB, Unhas juga bekerjasama dalam penyelesaian program reformasi birokrasi hinga 2024. Tujuan dari program ini yaitu untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dengan menggunakan sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Tak hanya kerja sama dalam upaya peningkatan standar mutu pendidikan, upaya lain yang juga dilakukan Unhas adalah melakukan perbaikan akreditasi internasional dan perbaikan laboraturium. Untuk membiayai kerja sama ini, MWA Unhas berencana untuk melibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published.