Tingkatkan Pelayanan Mutu, Aplikasi SIL@AT dari LLDikti Berikan Solusi

Infokampus.news – Pada hari senin, tanggal 22 Juli lalu pimpinan perguruan tinggi dibawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan (LLDikti) wilayah III DKI Jakarta ikut menghadiri peluncuran aplikasi  yang diberi nama Sistem Informasi dan Layanan Terpadu (SIL@T).

Kegiatan ini diselenggarakan di Universitas Bina Sarana Informatika Convention Center yang dihadiri sekitar 307 pimpinan perguruan tinggi serta Dr M. Aswad, Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai ASN Lembaga Administrasi Negara, serta Dr M. Wahyudi selaku pengembang dari sistem SIL@T dan Rektor dari Universitas Bina Sarana Informatika .

Samsuri selaku Sekretaris Wilayah III LLDikti, mengharapkan dengan adanya aplikasi SIL@T ini, semoga dapat menjawab tantangan reformasi birokrasi yang menuntut untuk dapat menghasilkan sesuatu dengan cepat dan memangkas proses birokrasi yang rumit menjadi lebih sederhana, memberikan pelayanan yang cepat, memberikan pelayanan yang fleksibel, dan memebrikan pelayanan yang sebaik-baiknya juga diharapkan dapat menyederhanakan proses birokrasi yang dinilai rumit.

Konsep dari aplikasi SIL@T ini yaitu memadukan beberapa sistem LLDikti wilayah III seperti  Early WarninG System (EWS) yang kemudian diintegrasikan dalam satu sistem sehingga hanya dengan single sign on maka dapat melihat layanan yang ada.

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

Dalam memberikan pelayanan, LLDikti  yang sebelumnya bernama Kopertis ini memiliki prinsip 4F yakni Faster, Focus, Flexible, dan Facilitating. LLDikti wilayah III juga menyebutkan bahwa fokus mereka berada pada jaminan mutu, khususnya pada pemetaan mutu yang sudah diatur di dalam UU No. 12 Tahun 2012. SIL@T sendiri juga merupakan bagian dari strategi untuk menjamin mutu perguruan tinggi yang digagas oleh Dr M. Samsuri.

Saat peluncuran dari aplikasi SIL@T ini dibuka secara simbolis oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof. Diah Natalisa yang didampingi oleh Ilah Sallah dan M. Samsuri. Dalam sambutannya, Prof. Diah Natalisa memberikan dukungannya atas peluncuran aplikasi SIL@T guna memberikan efisiensi dalam pelayanan publik. Prof. Diah Natalisa juga berharap aplikasi SIL@T kedepannya dapat diterapkan di LLDikti Wilayah lain diseluruh Indonesia. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *