Tips Hemat Untuk Calon Pejuang Skripsi

Infokampus.news – Sebagai mahasiswa tingkat akhir, skripsi sudah menjadi kewajiban mutlak untuk segera diselesaikan. Dalam pengerjaannya sendiri, untuk mengerjakan skripsi kita perlu mengorbankan banyak hal. Baik fisik dan materi, biaya mengerjakan skripsi-pun juga tidak sedikit. Tentunya dalam pengerjaannya kita memerlukan untuk pencetakan berkas, peminjaman buku, penelitian yang membutuhkan transportasi dan masih banyak lagi dana yang nantinya harus kita keluarkan. Belum lagi jika ada kendala teknis dari pihak dosen pembimbing yang harus revisi berkali – kali.
Berikut beberapa tips hemat untuk calon pejuang skripsi :

Menabung mulai dini

Kita bisa memulai dengan menyisipkan sedikit dari uang jajan kita setiap bulannya, misalkan Rp 20.000 disetiap minggunya. Jika kamu sekarang semester 5 atau 6, sudah bisa dihitung banyaknya Rp 20.000 mu yang sudah terkumpul untuk semester berikutnya.

Baca Juga :  Asyiknya Nongkrong dan Berkreasi di Gazebo FILKOM
Meminjam buku

Daripada kita membeli buku dengan harga mahal yang nantinya hanya akan diperlukan sesaat, mungkin akan lebih hemat jika kita meminjam. Bisa meminjam dari teman atau perpustakaan lalu memfotocopy buku tersebut. Dengan begitu kita hanya akan mengeluarkan dana lebih sedikit dibandingkan membeli buku yang mahal.

Menggunakan fasilitas WIFI

Rata – rata disemua kampus sudah ada fasilitas WIFI, dengan kemudahan ini kita dapat mengakses banyak informasi dan bahan secara mudah. Kita hanya perlu mencari tempat strategis dan nyaman, tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya.

Melakukan survei atau penelitian dengan cermat

Jika biasanya kita menyebarkan survei menggunakan angket yang dicetak dengan jumlah yang banyak itu cukup menghabiskan banyak dana, kini kita bisa dengan hanya membuat angket dan menyebarkannya dimedia online/sosial. Dengan cara ini kita akan lebih hemat dengan tidak mengeluarkan biaya fotocopy angket.

Baca Juga :  Yuk Intip Nasi Lengko Pak Sukirman, Kuliner Legendaris Favorit Masyarakat UB!
Kerja sampingan

Jika tips diatas masih belum mengurangi beban pendanaan, mungkin kita bisa melakukan pekerjaan sampingan. Bekerja juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu, kita bisa melakukan pekerjaan sampingan sesuai bidang kita. Seperti membantu dosen mengerjakan proyek kuliah ataupun membantu teman menyelesaikan tugas kuliah.

Tips – tips diatas mungkin akan cukup membantu kita dalam urusan pendanaan skripsi, jadi tidak akan lagi anggapan jika skripsi mahal dan menyulitkan. (has)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Gembira Dari Direktorat Jendral Pembelajaran Dan Kemahasiswaan

Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan menawarkan bantuan dana kepada mahasiswa, kelompok mahasiswa atau IOMS

Close