Ini 5 Tips Jitu Jalani Masa Orientasi Mahasiswa Baru!

Tak terasa, sebentar lagi para calon mahasiswa yang kemarin lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN dan jalur penerimaan lain, akan mengikuti masa orientasi pengenalan kampus.

Terkadang masa orientasi ini menjadi momok tersendiri bagi para calon mahasiswa baru. Namun kamu tak perlu khawatir. Ini hanyalah sebah fase untuk masuk bergabung dengan civitas akademika dimana kamu belajar nantinya.

Tak seperti dulu-dulu, kegiatan orientasi dengan beragam istilahnya, saat ini sudah lebih ringan. Aktivitas perpoloncoan sudah dilarang.

Nah, supaya kamu mengikuti masa orientasi dengan lancar dan tak menemukan masalah, simak tips dari Infokampus.news ini yuk!

1. Kondisi tubuh

Masa orientasi siswa akan cukup menguras tenaga. Hal ini disebabkan mahasiswa baru akan menjalani padatnya aktivitas selama satu hari penuh dalam beberapa hari ke depan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan dan fisik. Sesibuk apa pun itu, tidurlah secukupnya supaya badan tetap fit.

2. Mulai akrabkan diri

Masa orientasi mahasiswa baru adalah kesempatan bagimu untuk bertemu dengan mahasiswa lainnya dalam satu angkatan. Jadi, momen tersebut menjadi saat yang tepat untuk mengenal dan menjalin pertemanan dengan mahasiswa dari jurusan atau fakultas lainnya. Di samping itu, biasanya terdapat proyek yang akan diberikan secara berkelompok. Dengan membina hubungan yang baik, tentu kelompokmu akan solid dan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

3. Buat tugas dengan lengkap

Selama ikut masa orientasi, tak perlu coba-coba jadi mahasiswa yang bandel. Kerjakan tugas atau proyek yang diberikan oleh panitia. Kamu harus memberikan kesan yang baik. Turuti aturan yang berlaku dan simak materi yang diberikan selama masa orientasi mahasiswa baru.

Baca Juga:

4. Bangun pagi

Masa orientasi menuntutmu untuk bangun pagi guna melatih kedisiplinan. Nah, bagi yang tinggal di asrama, pikirkan juga waktu antre mandi sehingga tidak terlambat. Jika perlu, pasang alarm atau minta teman untuk membangunkan.

5. Penampilan

Pakailah baju sesuai SOP yang ditentukan. Bagi mahasiswa laki-laki, pastikan potongan rambut sudah rapi dan tidak gondrong. Begitu pula mahasiswa perempuan jika memiliki rambut panjang sebaiknnya diikat.

Nah, itu dia 5 hal yang kamu perlu perhatikan sebelum mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru di kampus barumu. Terus kunjngi Infokampus.news karena ada beragam tips untuk kamu yang akan menghadapi masa perkuliahan. Kalau kamu punya tips lain seputar orientasi mahasiswa baru, silah share di kolom komentar. Sukses ya! (FA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 Trik Rahasia Ini Bikin Snapchat-mu Lebih Keren dan Kekinian!

Di Indonesia media sosial Snapchat memang mulai naik daun. Kepopuleran Snapchat juga dirasakan oleh anak kekinian yang maniak gadget.

Close