Tips Jitu Melamar Kerja via Online yang Jarang Diketahui!

Infokampus.news – Melamar kerja via online lewat platform tertentu menjadi tren di kalangan fresh graduate. Selain praktis, informasi lowongan kerja juga rutin diperbarui.

Meski terbilang mudah, melamar kerja via online memiliki tantangan tersendiri bagi fresh graduate. Disitat dari Top Universities, berikut ini beberapa langkah untuk melamar kerja di era digital tersebut.

Baca Juga:

1. Optimalkan persona digital

Pelamar akan mengunggah CV online untuk menampilkan data diri dan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini menjadi tantangan lantaran dengan template yang sama kamu harus bisa menunjukkan keunggulanmu dibandingkan dengan pelamar lainnya. Selain itu, dalam era modern ini perusahaan juga memperhatikan media sosial milik pelamar. Tak jarang mereka menjadikan apa yang ditemukan dalam akun media sosial sebagai pertimbangan dalam menerima karyawan .

2. Terhubung online dengan perusahaan

Linked In menjadi media sosial yang dapat mempertemukan pelamar dengan perusahaan. Sehingga, di zaman digital ini mereka akan meningkatkan komunikasi dengan potensial karyawan melalui media sosial. Tak jarang mereka juga melakukan komunikasi dengan pelamar melalui akun tersebut. Bagi pelamar, terhubung secara online dengan perusahaan dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi lebih lanjut.

3. Pastikan resume memiliki nilai tambah

Membuat resume yang mengesankan menjadi keharusan bagi setiap pelamar. Kandidat tak cukup memenuhi kriteria yang ditentukan perusahaan, tetapi perlu memiliki nilai lebih yang membuatnya unggul dari pelamar lainnya.

4. Melatih kemampuan wawancara

Di tahap selanjutnya, pelamar akan menghadapi proses wawancara kerja. Oleh sebab itu siapkan hal tersebut jauh-jauh hari. Kamu bisa mengakses berbagai tips wawancara melalui internet. Kemudian mempraktikannya menggunakan video supaya bisa melihat hasilnya. Cara ini sekaligus melatih jika perusahaan ingin mewawancaraimu melalui video call. (FAM)

 

Sumber: Tipskarir

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antisipasi Kejahatan, Mahasiswa Jember Ciptakan Game “Monster”

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, ciptakan game edukasi "Monitoring of Sexual Tutelage and Education of Reproduction" atau...

Close