Tips Mengatur Keuangan ala Anak Rantau

Infokampus.news – Tahun ajaran baru mahasiswa belum lama dimulai. Bagi mahasiswa baru alias maba, pasti banyak hal baru yang kamu temui. Apalagi buat kamu yang baru pertama kali merantau untuk kuliah di kampus-kampus di kota besar. Kamu perlu adaptasi tentang banyak hal, salah satunya cara mengatur keuangan.

Rasanya seneng, tiap bulan dapet kiriman dari orang tua yang jumlahnya lebih banyak dibanding saat SMA. Tapi jangan seneng dulu! Ngatur keuangan di tanah rantau itu gampang-gampang susah lo. Kamu harus tahu apa saja yang harus kamu lakukan dengan uang bulananmu.

LAKUKAN:

  1. Buat Daftar Kebutuhan

Kelihatannya sepele, tapi ini penting banget buat belajar mengelola keuangan kamu di masa awal jadi anak rantau. Apalagi, pertama merantau pasti kebutuhan kamu banyak banget, mulai kebutuhan di kamar kos atau kebutuhan kuliah.

Buat daftar kebutuhan yang paling primer sampai yang paling tersier. Kamu juga bisa pisahkan daftar antara kebutuhan harian, mingguan, dan bulanan. Dengan cara ini, kamu bisa memutuskan mana yang harus kamu beli dan mana yang tidak. Jadi, kamu nggak belanja hanya karena laper mata.

  1. Pisahkan Uang di Amplop

Cara ini emang tradisional banget sih, tapi cukup ampuh untuk belajar mengelola keuangan harian. Caranya gampang, kamu siapkan 30 amplop untuk 30 hari. Masing-masing amplop isi dengan uang 50 ribu.

Tambahkan catatan di kertas kecil di dalam amplop. Isi catatannya tentang kebutuhan kamu dalam satu hari. Misalnya, makan tiga kali, bensin, cetak dan jilid tugas kuliah. Kalau ada sisa uang di hari itu, biarkan ada di amplop itu. Di akhir bulan, kamu bisa kumpulin uang sisa dari semua amplop deh!

  1. Belajar Memasak

Diakui atau tidak, pengeluaran kita yang paling banyak untuk makan dan jajan. Hayoo, ngaku nggak? Apalagi buat kamu yang hobi ngemil, belajar masak ini bisa jadi cara ampuh menghemat pengeluaran lo.

Mulai saja belajar masak makanan sederhana. Misalnya, nasi, sayur dan lauk sederhana. Nggak perlu gengsi juga bawa bekal ke kampus. Kamu juga bisa bikin cemilan sederhana dengan alat seadanya di tempat kos kamu. Dijamin, isi dompet kamu bakalan lebih aman deh.

 

JANGAN LAKUKAN

  1. Terlalu sering nongkrong di café

Sesekali mungkin kita perlu nongkrong bareng temen-temen ke café untuk menyegarkan pikiran. Tapi, kalau terlalu sering, itu bisa bikin kantong kamu jebol. Jadi, atur waktu kapan kita bisa nongkrong atau tidak yaa. Sesuaikan dengan waktu, tugas-tugas, dan tentu saja kondisi keuangan kamu.

  1. Habiskan uang di awal bulan

Mumpung habis dapat kiriman dari orang tua, lalu kamu belanja banyak barang di awal bulan. Padahal, barang itu nggak kamu butuhkan banget-banget. Aduuh, bisa-bisa, belum pertengahan bulan dompet kamu udah menipiss.

  1. Gelap mata

Biasanya, yang sering seperti ini adalah cewek. Ngeliat barang yang lucu dikit, langsung ambil. Begitu akhir bulan, kaget deh, kemanakah gerangan uang bulanan?

 

Nah, jadi jangan mudah tergoda sampai kamu gelap mata, ya! Siasati dengan buat daftar kebutuhan kamu. (Ich)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.