5 Tips Bagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi, Kamu Wajib Tahu!

Infokampus.news –  Tugas kuliah menumpuk, tugas organisasi belum kelar, sebentar lagi ada rapat, oh iya besok ada kuis! Pernah mengalami situasi sepeti itu? Kalau sudah, atau bahkan sering, berarti kamu mahasiswa banget! Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam dunia organisasi, mungkin sederet masalah itu sudah jadi keseharian, sampai-sampai hal itu tidak menjadi masalah berarti.

Artinya, kamu sudah terbiasa dikejar oleh deadline sehingga kemampuan multitaskingmu sudah terasah. Namun hal ini akan menjadi masalah bagi mahasiswa yang baru masuk dalam dunia organisasi. Kalau kamu termasuk yang aktivis baru, kamu harus banget simak artikel ini sampai habis.

Dalam dunia perkuliahan, selain mengikuti kegiatan perkuliahan, ikut organisasi sangat penting untuk mengasah skill kamu, lo! Baik ikut organisasi mahasiswa berada di dalam kampus atau luar kampus. Organisasi akan membuatmu mengenal banyak orang dengan karakter yang berbeda. Alhasil, lingkungan sosialmu akan makin luas. Kamu bisa mengenal banyak karakter dan cara menghadapinya.

Tapi, risikonya, mahasiswa yang juga aktivis organisasi harus mampu menyeimbangkan antara kuliah, belajar, dan berorganisasi. Tapi jangan khawatir, Infokampus akan membagikan 5 tips agar kuliah dan organisasimu dapat berjalan dengan baik. Langsung saja, check it out!

  1. Buat Prioritas Utama
Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Jika tergabung dalam suatu organisasi, kamu harus menetapkan prioritas utamamu. Tentu saja, tugas utama dari seorang mahasiswa adalah belajar. Tapi kamu bisa menentukan hal mana saja yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Lakukan kegiatan yang paling mendesak yang akan segera berlangsung.

  1. Manfaatkan Waktu dengan Baik

Jika mengikuti organisasi, otomatis waktumu akan banyak tersita untuk urusan organisasi selain kuliah. Maka, kamu harus memanfaatkan waktu dengan baik. Waktu luang di sela jam kuliah bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan tugas – tugas organisasi yang belum selesai, begitupun sebaliknya. Sehingga, tugas kuliah dan organisasi dapat terselesaikan tepat waktu.

  1. Buat Catatan Harian

Kamu dapat membuat catatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu. Sehingga kegiatan yang kalian lakukan sudah terjadwal. Kamu juga harus mematuhi jadwal yang sudah kamu buat sehingga tugas kuliah atau organisasi dapat sama- sama terselesaikan. Kalau perlu, kamu bisa menerapkan “hukuman” untuk diri sendiri, lo. Misalnya, kamu harus menabung 20 ribu rupiah kalau melanggar jadwal yang sudah kamu buat. Jadi, mikir-mikir kan mau dilanggar?

  1. Hindari Kebiasaan Prokrastinasi
Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Prokrastinasi alias kebiasan menunda- nunda pekerjaan akan membuat tugas semakin lama terselesaikan. Itu sama artinya dengan menambah beban. Jika memang sudah terjadwal dengan baik, lakukan kegiatan atau tugas sesegera mungkin. Semakin cepat menyelesaikan kegiatan atau tugas, beban akan segera bekurang dan bisa fokus mengerjakan tugas yang lain. Jadi, jangan suka menunda ya!

  1. Lakukan dengan Totalitas dan Disiplin Tinggi

Tips-tips di atas harus kamu lakukan dengan totalitas dan disiplin yang tinggi. Akan percuma ketika kamu sudah merancang jadwal dan membuat prioritas, tapi kamu melakukannya dengan setengah hati dan kurang disiplin. Hasilnya tentu nggak akan maksimal. Jadi lakukan segala kegiatan atau tugasmu dengan totalitas dan disiplin yang tinggi, sehingga kamu dapat mencapai hasil yang memuaskan dan kamu juga dapat merasakan manfaat dari ikut organisasi. Dijamin deh, organisasi nggak bakal bikin waktu kuliahmu terbengkalai.

Nah, itu tadi merupakan 5 tips untuk kamu yang menjalani kuliah sambil berorganisasi. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik. Semoga bermanfaat! (Nid)

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.