Pengen Produktif Saat Libur Panjang? Nih Tips Liburan Produktif Ala FoKus

Infokampus.news, Malang – Sobat FoKus sekalian, liburan memang menyenangkan. Tapi ingatlah satu hal, bahwasanya kita sebagai mahasiswa yang merupakan harapan bagi nusa dan bangsa sudah sepatutnya menjadikan liburan produktif daripada hanya sekedar ‘bersenang-senang’. Kenapa? Sebab waktu itu berharga, isnpirasi datang dari mana saja, dan jangan lewatkan kesempatan-kesempatan untuk menjadi bermanfaat.

Maka dari itu, FoKus akan bai-bagi tips yang sekiranya akan bermanfaat untuk Sobat FoKus sekalian. Yuk!

Liburan Produktif Ala FoKus
1. Susun Rencana Studi Selanjutnya

Susun Rencana Studi Selanjutnya

Mungkin Sobat FoKus bosen harus disuruh mikir belajar, belajar, dan belajar. Silahkan bersantai, toh itu liburan kalian. Tapi perlu diingat bahwa merencanakan juga jangan selalu ditanggapi dengan serius. Cukup susun target seperti target IPK, target kuliah jenjang selanjutnya, target skripsi, magang, sampai kerja harus masuk ke lst kamu. Tujuannya apa? Tak lain untuk memotivasi diri bahwa target setidaknya akan memudahkan kita menyusun rencana rinci selanjutnya.

2. Mau punya penghasilan tambahan? Pikirkan potensimu dan rencanakan

Mau punya penghasilan tambahan? Pikirkan potensimu dan rencanakan

Ini yang sekarang digandrungi oleh kawula muda masa kini. Pekerjaan-pekerjaan part time untuk mahasiswa sudah bertebaran dimana-mana seperti barista, cook helper, waitress, sales marketing, wartawan, copywriter, visual designer, fotografer, dan lain-lain bisa jadi pertimbangan. Tinggal pilih mana yang cocok buat kamu dan mulai cari-cari lowongan part time yang kamu inginkan.

3. Semester depan mau bisnis? Aturlah!

Semester depan mau bisnis? Aturlah!

Atau untuk kalian yang bercita-cita menjadi bos, mungkin silahkan untuk menyusun rencana bisnis kecil-kecilan yang dikelola dengan modal sendiri. Kan dapet THR tuh? Lumayan kan bisa jadi modal bisnis. Beberapa bisnis seperti coffeshop, makanan, sampai handcrafting patut kamu jajal. Waktu liburan kamu bisa ketemu keluarga besar dengan berbagai pengalaman yang nantinya bisa bantu kamu merealisasikan idemu. Semangat gengs!

4. Magang boleh lah!

Magang boleh lah!

Banyak sekali program magang yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ternama untuk mahasiswa. Ini bisa jadi peluang buat kalian untuk mengasah skill sekaligus menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan di bangku kuliah. Produktif, kan?

5. Belajar Masak!

Belajar Masak!

Sobat Fokus sekalian, perlu kalian ingat bahwa selama kalian merantau hal yang paling sering dikeluhkan adalah makanan. Makanya itu, tak ada salahnya untuk belajar masak langsung dari ibu kita tercinta. Jadi kalau kangen masakan rumah, tinggal masak aja.

6. Ikut Kursus

Ikut Kursus

Zaman sekarang penting rasanya buat menguasai beberapa skill. Kamu mungkin bisa ikuti kursus-kursus tambahan selama liburan seperti desain grafis, mengemudi mobil, bahasa asing, fotografi dan videografi, hingga kursus alat musik bisa masuk list mu selanjutnya.

Nah itu tadi adalah tips-tips buat liburan kalian jadi lebih produktif. Silahkan dicoba, dan rasakan manfaatnya sendiri.

See ya! (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Tidak Pulang Saat Libur Lebaran Bukan Berarti Tidak Senang-senang, lho!
Tidak Pulang Saat Libur Lebaran Bukan Berarti Tidak Senang-senang, lho!

Libur lebaran identik dengan pulang kampung? Siapa bilang! Berikut ini ada cerita dari Sobat FoKus yang memilih untuk tidak pulang...

Close