7 Tips Lolos Beasiswa LPDP yang Wajib Diketahui, Buka Peluang Lolos!

Infokampus.news, NasionalSalah satu beasiswa yang punya peminat yang cukup tinggi yakni beasiswa LPDP. Setiap tahunnya, beasiswa ini membuka pendaftaran bagi lulusan S1 ataupun S2 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tingkat persaingan yang ketat membuat beasiswa ini terbilang sulit didapatkan. Untuk itu, bagi kamu yang hendak mendaftar beasiswa sebaiknya persiapkan diri sedini mungkin. 

Tips Lolos Beasiswa LPDP

Nah, berikut ini tips lolos beasiswa LPDP yang bisa kamu lakukan. Simak ulasannya berikut.

1. Kumpulkan Informasi Kampus Tujuan

Beasiswa LPDP

Tips pertama yakni mengumpulkan informasi selengkap mungkin terkait kampus tujuan. Terlebih, bagi kamu yang hendak mendaftar ke kampus luar negeri. Kamu harus banyak menggali informasi kampus tersebut seperti waktu pendaftaran, cara pendaftaran serta dokumen yang diperlukan untuk mendaftar.

Pastikan kamu tidak ketinggalan update terbaru kampus tersebut. Jangan lupa, ketahui pula jurusan yang tersedia di kampus tersebut. Sesuaikan dengan minat yang kamu punya dan jurusan yang kamu ambil sebelumnya.

2. Cari Informasi Detail Beasiswa

Beasiswa LPDP

Untuk informasi terkait beasiswa LPDP bisa kamu dapatkan di website resmi LPDP. Biasanya, informais seputar pendaftaran beasiswa ini juga diinformasikan melalui media sosialnya. Pastikan, kamu sellau update informasi seputar beasiswa ini.

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

Apabila ada pertanyaan atau informasi yang kurang jelas, kamu bisa menanyakannya melalui direct message instagram, twitter atau melalui emailnya yang tersedia di website resminya. Kamu juga bisa bergabung ke komunitas beasiswa agar bisa bertanya informasi lainnya secara lebih detail.

3. Tentukan Tiga Kampus Tujuan

Beasiswa LPDP

Sebaiknya, pilih tiga kampus tujuan jika hendak melanjutkan pendidikanmu. Hal ini dilakukan untuk bersiap-siap jika terjadi kemungkinan terburuk saat pilihan kampus pertama tidak lolos. Dengan begitu, kamu punya rencana cadangan yang bisa lakukan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat menentukan tiga kampus pilihan ini, lakukan riset secara mendalam. Gali informasi sebanyak mungkin terkait kampus yang kamu pilih. Jangan samapi tertinggal informasi dari kampus pilihanmu tersebut.

4. Jangan Asal Isi Persyaratan Seleksi Administrasi

Beasiswa LPDP

Tingginya tingkat persaingan beasiswa yang disediakan oleh LPDP ini, mengharuskan kamu tidak sembarangan dalam mengisi persyaratan seleksi administrasi. Pastikan kamu mengisi semua persyaratannya dengan teliti dan jangan terlewat waktu deadline.

Adapun tahapan seleksi awal beasiswa ini berupa screening dokumen. Untuk itu, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan secara lengkap. Usahakan pula untuk mempersiapkan dokumennya jauh-jauh hari agar tidak kewalahan.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

5. Buat Rencana Study dan Essay yang Bagus

Beasiswa LPDP

Tahap administrasi beasiswa LPDP pada beasiswa ini mengharuskan kamu untuk membuat rencana study dan essay. Dalam membuat keduanya, sebaiknya tidak asal-asalan karena akan mengurangi poin penilaian. Usahakan untuk membuat rencana study yang jelas dan terarah.

Kamu juga harus mennentukan program studi serta kampus mana yang diincar secara jelas. Ingat, buat rencana study yang menunjukkan kemantapan pilihanmu tersebut. kemudian, untuk essay juga terapkan hal yang sama.

Essay sebaiknya tidak dibuat sembarangan. Bagi essaymu menjadi ebberapa bagian seperti pembukaan, isi dan penutup. Kamu juga bisa membuat pembukaan essay dengan menyajikan berbagai fakta sehingga tampak lebih meyakinkan pembaca.

6. Skor TOEFL dan IELTS yang Bagus

Beasiswa LPDP

Komponen penting dalam beasiswa LPDP adalah sertifikasi bahasa. Untuk itu, persiapkan sebaik mungkin skor TOEFL dan IELTS-mu. Di tahun lalu untuk studi magister luar negeri, syarat skor TOEFL iBT 80, IELTS 6,5, TOEIC 800, atau TOAFL 550.

Kamu bisa melihat persyaratan skor sertifikasi bahasa di program yang lain di website remi LPDP. Selain itu,kamu juga bertanya kepada alumni-alumni beasiswa ini terkait persyaratan skor sertfikasi bahasa ini. Usahakan untuk mendapatkan skor yang bagus untuk menunjang studimu.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

7. Dapatkan Letter Of Acceptance

Beasiswa LPDP

Surat penerimaa atau Letter Of  Acceptancen di kampus incaran kalian bisa membuka kesempatan besar mendapatkan beasiswa ini. Setidaknya, jalan terang seakan terbuka untukmu. Apalagi, dengan adanya Letter Of Acceptance juga akan memberikan nilai tambah pada profilmu.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan Letter Of Acceptance di kampus incaranmu? Kamu bisa memperoleh informasinya di kampus yang kamu incar. Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan Letter Of Acceptance ini. Kamu bisa menggali informasinya melalui alumni kampus tersebut atau lainnya.

Demikianlah, informasi mengenai tips lolos beasiswa LPDP yang perlu kamu ketahui. Meski terlihat sederhana, namun tips-tips kerapkali diabaikan oleh kalian. Untuk itu, sebaiknya terapkan tips di atas agar kamu bisa lolos beasiswa ini.

 

(Adinda)

Leave a Reply

Your email address will not be published.