Jangan Salah Pilih! Ini 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Sesuai Potensi

Infokampus.news, Nasional –  Memilih jurusan kuliah yang tepat memang membutuhkan pertimbangan matang. Pasalnya, hal ini akan menyangkut minat dan bakat kamu. Misalnya, jika tidak memiliki minat dalam bidang tertentu, namun terpaksa berada di salah satu bidang tersebut, Anda akan merasa kehilangan tujuan. 

Memahami apa yang sebenarnya Anda inginkan untuk masa depanmu yang berguna agar dapat menjadi landasan memilih jurusan kuliah yang cocok. 

 

6 Tips Memilih Jurusan Kuliah 

Untuk memilih jurusan kuliah, pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan agar tidak salah dan menyesal dikemudian hari.

Berikut ini beberapa Tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi kamu.

 

  1. Kenali Passion

memilih jurusan kuliahKenali passion atau hasrat menjadi modal utama untuk menentukan jurusan kuliah. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu, ada baiknya Anda mengenali hasrat yang ada pada diri sendiri.

Dalam memilih jurusan yang tepat, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai suatu jurusan. Seperti halnya jika Anda tertarik dengan dunia broadcasting, maka jurusan Broadcasting bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengenal lebih dalam jurusan ini.

 

  1. Pilih Jurusan Sesuai Kepribadian

Selain passion, ternyata kepribadian memiliki peranan penting dalam menentukan jurusan kuliahmu. Bahkan juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses di bidangnya. Berikut ini beberapa kepribadian yang akan membantumu menentukan jurusan kuliah, diantaranya:

  • Bersikap Realistis
  • Pemikir
  • Berjiwa seni dan kreatif
  • Berjiwa Penolong
  • Suka berkomunikasi dan mudah mendapatkan teman
  • Selalu Terorganisir
  • Suka mengajar
  • Memahami Ilmu politik dengan baik
  • Mengikuti Perkembangan Bisnis
  • Tertarik pada Bahasa
  • Tertarik pada Fashion
  • Tertarik pada Sejarah
  • Tertarik pada Psikologi

Contohnya, jika kamu berjiwa seni dan kreatif, kamu dapat memasukkan dua kepribadianmu tersebut ke dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, hal ini juga berlaku untuk sifat lainnya. Kecocokan kepribadian dan jurusan yang kiranya tepat dengan kepribadianmu. Dalam hal ini memahami juga kemampuanmu, jika ingin menjadi seorang dokter namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mata pelajaran IPA, tentu akan membuat langkahmu kedepannya. Lihat potensi diri sendiri sebelum menentukan jurusan kuliah yang tepat.

  1. Jangan Memilih Hanya Karena Prospek Finansial

Esensi pendidikan bukan lagi untuk mempersiapkan diri di dunia kerja agar pelanggaran mapan. Mungkin pandangan ini memang masih relevan di zaman orang tua kita dulu yang minim kesempatan. 

Namun kini, kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau selama mau memperjuangkannya. Karenanya janganlah uang sebagai acuan. Pendidikan ada untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual agar dapat berkembang sesuai dengan apa yang benar-benar kamu inginkan. 

Pendidikan dapat melihat masalah di sekelilingmu dengan cara yang lebih tepat, dan dapat menyelesaikan hal itu dengan cara yang paling efisien. Saat kamu menikmati proses belajar, maka rejeki akan mengikuti.

  1. Minta Pendapat Orang terdekat

Beri Dirimu Waktu dan Minta Bantuan, dengan membaca aneka referensi referensi tambah pusing dan stres? Rilekslah. Ambil napas, buang napas, melemaskan badan. Singkirkan dulu laptop dan ponsel yang kamu gunakan untuk berselancar demi mencari jurusan yang tepat. 

Ada baiknya kamu pergi ke luar dan berbicara dengan banyak orang. Karena ketika merasa sulit memutuskan atau ingin tahu lebih dalam mengenai yang dianggap tepat untukmu, tak ada salahnya untuk meminta saran dari orang yang lebih berpengalaman di bidang tersebut. Selain karena mereka pernah menjalani bidang ini, mereka juga akan lebih memahami prospek karir pada bidang yang bersangkutan. 

  1. Pertimbangkan Prospek Kerja

Salah satu cara menentukan jurusan yang tepat adalah dengan mempertimbangkan prospek kerja kedepannya. Motivasi dalam diri wajib kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan jurusan mana yang akan dipilih. Karena, motivasi akan sangat membantumu dalam melewati segala halangan yang kemungkinan akan malas untuk berangkat kuliah, malas mengerjakan tugas, hingga akhirnya keluar dari kampus. 

  1. Hindari Ikut-ikutan

memilih jurusan kuliah

Memang adaptasi di kampus pada akan terasa tidak nyaman tanpa adanya teman dari SMA sebelumnya. Namun coba pikir lagi, yang akan menjalani kehidupan perkuliahan adalah kamu, orang tua juga mengeluarkan uang untuk kuliahmu. Jangan takut memilih jurusan yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan walau tidak ada seorang pun yang kamu kenal, karena tentu saja nantinya kamu akan mendapatkan teman yang baru. Jadi tidak perlu merasa takut dan kesepian, apalagi membiarkan ketakutan ini menuntunmu ke jurusan yang salah.

 

 

( Mewinsta )

Leave a Reply

Your email address will not be published.