Galau Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tips Ampuhnya!

Infokampus.newsOrang bilang masa SMA adalah masa paling indah. Tapi, kalau udah mau lulus SMA, masa indah itu juga bercampur dengan rasa galau gara-gara mikirin jurusan kuliah. Betul, nggaak??

Menentukan jurusan kuliah yang akan kita pilih emang gampang-gampang susah. Bisa jadi pilihan kita nggak sesuai dengan keinginan orang tua. Seringkali juga, kita belum tahu apa sih yang akan kita pelajari di jurusan itu?  Atau yang paling sering, peluang kerja dari jurusan yang akan kita pilih.

Buat kamu yang udah kelas XII SMA, SMK, atau MA, kamu perlu simak tips di bawah ini supaya nggak galau lagi menentukan jurusan kuliah. Check it out!

  1. Sesuaikan dengan passion

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan kuliah adalah keinginan dan passion kamu. Kenapa? Karena, kamulah yang akan menjalani kuliah dengan segala dinamikanya. Makanya, jangan sampai kamu cuma ikut-ikutan sampai-sampai nggak bisa menikmati belajar. Itu bakal bikin ilmu yang kamu terima nggak sepenuhnya terserap dengan baik. Jadi, pikirkan matang-matang, ya!

  1. Perhatikan nilai rapor
Baca Juga :  Perhatikan 5 Hal yang Harus Dilakukan Supaya Dedikasi Pekerjaan Capai Keberhasilan

Nilai rapor kamu mulai kelas X sampe XII bisa jadi solusi untuk menentukan jurusan yang akan kamu ambil. Mata pelajaran yang paling kamu minati biasanya berdampak pada nilai yang tinggi di rapor. Jadi, coba deh perhatikan nilai rapor kamu mulai awal sampai akhir sekolah!

  1. Lihat potensi diri

Memilih jurusan favorit memang sah-sah saja. Tapi, yang paling penting adalah menyesuaikan dengan potensi diri kamu. Sehingga, kamu nggak mengalami kesulitan berarti saat menjalani kuliah. Ingat, kita yang akan menjalani, jadi harus kita sesuaikan juga dengan kemampuan kita.

Kalau kamu masih belum tahu potensi diri kamu, kamu bisa konsultasi dengan psikolog atau guru konseling di sekolah kamu. Yuk, mulai cari tahu potensi diri biar nggak galau lagi!

  1. Konsultasi dengan orang tua

Meskipun kita yang akan menjalani kuliah, nggak ada salahnya kita konsultasi dengan orang tua. Orang tua bisa memberi kita arahan tentang jurusan yang akan kita ambil. Apalagi, kalau biaya kuliah kamu masih ditanggung orang tua, kamu juga perlu konsultasi tentang biaya kuliah kamu dengan mereka.

  1. Cari info dari web universitas
Baca Juga :  Ini Strategi FEB Unisma Hadapi Revolusi Industri 4.0

Zaman yang canggih memudahkan kita mencari informasi. Jadi, manfaatkan kemudahan ini dengan cari sebanyak-banyaknya informasi tentang jurusan kuliah dari berbagai kampus. Kamu juga bisa diskusi dengan kakak kelas kamu yang kuliah di kampus tersebut.

  1. Perhatikan biaya kuliah

Selain passion, minat, dan cita-cita, hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih jurusan kuliah adalah biaya. Sesuaikan biaya kuliah yang kamu ambil dengan keadaan finansial keluarga. Cara alternatifnya, kamu bisa cari beasiswa.

Sekarang, banyak universitas yang menyediakan beasiswa lewat berbagai jalur, lo. Ada jalur beasiswa prestasi baik akademik maupun non-akademik, atau juga jalur beasiswa penghafal al-Quran.

  1. Peluang kerja

Ini juga hal yang paling penting untuk dipikirkan: peluang kerja. Sebelum kamu menentukan jurusan yang akan kamu pilih, kamu juga penting untuk mempertimbangkan peluang kerja dari jurusan yang kamu pilih.

Jadi, gimana? Sudah terbayang akan pilih jurusan apa? Selain 7 tips di atas, jangan lupa berdoa untuk minta petunjuk Tuhan yaa! (Ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *