Tips Menemukan Pola Tidur Sehat, Mahasiswa Baca Ini

Menjadi mahasiswa harus siap dengan banyaknya tugas kuliah yang harus dikerjakan. Jika anda termasuk mahasiswa aktif berorganisasi, tambahan tugas dari organisasi tersebut sudah menjadi rutinitas bagi mahasiswa.

Banyaknya tugas-tugas yang menumpuk, tak jarang  membuat mahasiswa selalu begadang. Itu berarti mereka tidak mempunyai waktu tidur yang cukup.

Jika hal tersebut terjadi berulang-ulang maka bisa membahayakan kondisi kesehatan. Karenanya, dikutip dari laman bharatamedia, diperlukan pola tidur yang tepat dengan tips-tips berikut ini.

1. Waktu Tidur Ideal

waktu-waktu-ijabah-do'a

Waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah delapan jam. Jika Anda terlalu sering begadang dan kehilangan waktu tidur ideal Anda selama terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuat jadwal untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah Anda. Selain itu, hindari mengerjakan tugas secara “SKS” atau Sistem Kebut Semalam yang menyebabkan Anda selalu begadang. Sehingga Anda tidak perlu lagi begadang dan memiliki waktu tidur yang ideal.

2. Tidur Siang

55tidursiang

Jika semalam Anda begadang, maka ganti jam tidur Anda yang terbuang tersebut pada siang hari. Misalnya saja dengan memanfaatkan jam kosong sebelum masuk mata kuliah lain. Anda bisa tidur siang terlebih dahulu, minimalnya selama setengah jam. Namun ingat, tidurnya jangan terlalu pulas, bisa-bisa Anda tidak hadir dimata kuliah selanjutnya karena terlalu tidur terlalu pulas.

3. Olahraga

jogging-lari-pagi

Olahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk juga dalam meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Hal ini karena olahraga membuat tubuh merasa lelah. Untuk memulihkan tenaga maka tubuh perlu istirahat yakni dengan tidur. Ketika tidur tubuh berada dalam kondisi rileks. Sehingga tidur pun lebih nyenyak setelah melakukan aktivitas olahraga.

4. Pola Makan

pola-makan-sehat-untuk-orang-sibuk

Pola makan yang tepat berpengaruh pula terhadap kualitas tidur. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Pada umumnya mahasiswa acuh terhadap makanan yang dikonsumsinya. Mie instan biasanya menjadi makanan favorit mahasiswa. Pola makan yang tak teratur dan menu makanan yang tak sehat dampak berdampak pada kesehatan tubuh. Jika tubuh tidak sehat, maka kualitas tidur pun berkurang.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Dukungan Dikti
Indoped, Proyek Dukungan Dikti Dalam Pengembangan Pendidikan di Indonesia

Indoped adalah proyek dukungan dikti untuk me­ning­katkan kapasitas pen­didikan tinggi di Indonesia. Indoped adalah proyek yang didanai Uni Eropa untuk...

Close