5 Tips Raih Gelar Cumlaude Saat Kuliah

Infokampus.newsDunia perkuliahan merupakan tempat kita mencari ilmu yang sesuai dengan minat/passion kita. Masa-masa kuliah juga bisa kita gunakan untuk mengembangkan skill/ potensi yang kita miliki. Skill penting sebagai ilmu tambahan untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. Alhasil, mahasiswa berambisi untuk melakukan yang terbaik. Salah satunya dengan mendapatkan predikat cumlaude.

Cumlaude merupakan impian yang diinginkan oleh sebagian besar mahasiswa. Memang ilmu yang kita dapatkan merupakan hal yang paling penting dalam dunia perkuliahan, namun apa salahnya jika kita berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan predikat lulusan terbaik?

Bukankah dengan cumlaude kita juga akan merasa bangga dengan kerja keras kita selama di bangku perkuliahan? Orang tua juga pasti merasa bangga melihat anaknya berhasil meraih gelar terbaik. Lalu hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan gelar cumlaude? Berikut Infokampus sudah merangkumnya dalam 5 tips raih gelar cumlaude, check it out!

  1. Ketahui Syarat – Syarat Cumlaude

Kampus biasanya memiliki standar masing – masing bagi mahasiswa yang ingin meraih gelar cumlaude. Tapi, umumnya syarat yang harus dimiliki adalah IPK minimal 3,5, tidak pernah mengulang di setiap mata kuliah dan lulus tepat waktu sesuai program yang diikuti. Dengan mengetahui syarat – syarat ini, kita tahu target – target apa saja yang harus kita penuhi.

  1. Pelajari Karakter Dosen

Setiap dosen di kampus pasti memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Mereka memiliki standar masing – masing dalam menilai mahasiswanya. Jadi, jika kita ingin meraih gelar cumlaude, tugas kita adalah mempelajari karakter setiap dosen.

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

Pada awal kuliah pasti ada yang namanya kontrak perkuliahan. Dari situ kita dapat menentukan aspek yang harus mengutamakan standar. Misalnya, dosen matakuliah A memberi presentase nilai yang tinggi pada tugas, artinya dalam pengerjaan tugas harus kita lakukan semaksimal mungkin.

  1. Hindari Bolos Mata Kuliah

Walaupun pada dasarnya seorang mahasiswa memiliki jatah untuk tidak masuk sebanyak 3 kali pada masing – masing mata kuliah, tapi jika kamu mempunyai cita – cita untuk cumlaude sebaiknya jangan menggunakan kesempatan ini kecuali untuk sesuatu yang sangat darurat.

Jika kamu melewatkan satu kali proses pembelajaran, artinya kamu juga melewatkan ilmu yang disampaikan pada hari itu. Hal ini juga dapat berakibat pada pemahamanmu terhadap materi yang dapat memengaruhi nilaimu. Jadi gunakan kesempatan membolosmu dengan bijak ya!

  1. Ikuti Seminar atau Diskusi

Dengan mengikuti seminar atau forum diskusi kamu akan mendapatkan banyak referensi mengenai tips dan trik untuk sukses di bangku perkuliahan. Misalnya, tentang manajemen waktu dan model belajar. Karena jika ingin cumlaude kamu dituntut untuk mendapatkan nilai yang bagus di setiap mata kuliah. Kamu dapat menerapkan kiat – kiat yang sesuai dengan kondisimu. Pada sesi tanya jawab kamu dapat bertanya mengenai hal apa saja yang menjadi kendalamu.

  1. Perbanyak Relasi dengan Senior

Tidak ada salahnya memperbanyak relasi dengan senior atau orang yang pernah meraih gelar cumlaude. Dari mereka kita dapat mengetahui hal – hal mendetail apa saja yang perlu diperhatikan. Kita juga dapat sharing mengenai masalah yang kita hadapi, siapa tau mereka memiliki solusi atas hal yang kita alami. Jadi jangan sungkan bertanya pada senior yang sudah berpengalaman ya…!

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Nah itu tadi merupakan 5 tips yang dapat kamu terapkan jika kamu ingin meraih gelar cumlaude. Semua pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama untuk meraih gelar cumlaude, kuatkan niat dan usaha, dan yang paling penting adalah berdoa serta meminta restu orang tua. Semoga berhasil! (Nid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.