5 Tips Hadapi Ujian Sekaligus Beribadah di Bulan Ramadan

Infokampus.news – Hai Sobat FoKus, di bulan puasa ini ada nggak dari kalian yang menjalani puasa sambil mengerjakan ujian akhir semester di kampus? InfoKampus yakin energi kamu akan terkuras untuk berpikir dan menjawab soal-soal. Nah kali ini InfoKampus akan berbagi tips agar kamu bisa menjalani ujian dan juga sekaligus beribadah di bulan Ramadan.

Tips Menghadapi Ujian Sekaligus Beribadah di Bulan Ramadhan
  1. Niat

Berpuasa merupakan kewajiban yang dilakukan semua umat yang beragama Muslim. Puasa bisa menjadi ajang latihan fisik dan mental kamu, Sobat FoKus.  Nggak boleh ya ada alasan “karena ujian aku nggak puasa deh“, jangan yaaa…

Berpuasa merupakan kewajiban sekaligus latihan untuk beribadah di bulan Ramadan, sedangkan belajar adalah sarana untuk memperbaiki kualitas diri kamu. Kelak kamu akan menjadi orang yang terlatih untuk bekerja dan meningkatkan nilai ibadah selama bulan Ramadhan.

 

  1. Mengatur skedul harian

Sobat FoKus perlu membuat agenda kegiatan harian. Mulai dari sahur sampai pelaksanaan salat tarawih. Jika dibiasakan mengikuti alur tersebut, kamu pasti terbiasa dan membuat waktu sehari sudah terisi kegiatan belajar dan beribadah.

 

  1. Belajar setelah sahur dan di sore hari

Tidur setelah sahur justru lebih banyak membuat kita merasa capek dan akibatnya merasa lemas pada saat bangun, hal ini diakibatkan siklus tidur yang tidak optimal. Jadi, maksimalkan tidur di malam hari dan lakukan aktivitas ringan setelah sahur. Selain mengaji, waktu ini bisa Sobat FoKus gunakan untuk belajar.

Kalau tidak ada kegiatan di sore hari, lakukan hal yang bermanfaat seperti me-review materi pelajaran. Misalnya membaca lagi catatan apa yang sudah dipelajari di kampus, atau menambah wawasan dengan membaca berita, buku biografi dan pengembangan diri, bahkan boleh juga buku humor dengan konten bagus yang bisa jadi ajang ngabuburit-mu di sore hari.

 

  1. Lakukan aktivitas ringan

Selama berpuasa, alangkah baiknya jika kamu tetap melakukan beberapa aktivitas fisik untuk menjaga kesegaran otak dalam belajar. Nggak perlu yang berat-berat seperti angkat beban atau pergi ke gym, kamu bisa melakukan senam kecil, jalan kaki atau olahraga ringan lainnya agar tubuh kamu tetap prima. Bahkan saat berpuasa, aktivitas fisik ringan tidak akan membuat puasa kita batal kok.

 

  1. Jangan lupa senyum!

Jangan sampai kita menyalahkan puasa karena menghambat aktivitas belajar kita ya. Selama puasa usahakan jangan tergoda untuk marah ya, biasakan selalu tersenyum setiap hari.

Nah, itu tadi beberapa tips dari InfoKampus agar Sobat FoKus bisa tetap semangat melaksanakan ujian sekaligus beribadah di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat! (jul)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Seleksi Mandiri UNAIR 2018
Berikut Ini Informasi Seleksi Mandiri UNAIR 2018 Jenjang S1

Infokampus.news - Siapa yang tak kenal dengan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya? Nah, bagi kamu yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa

Close