Tolak Golput! Generasi Milenial Wajib Tahu Lima Jadwal Debat Capres dan Cawapres 2019

Infokampus.news – Halo Sobat FoKus! Sudah ada persiapan apa untuk melihat Debat Capres nanti malam? Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan lima putaran debat calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang akan diselenggarakan 17 Januari hingga 13 April mendatang.

Kedua Paslon yakni Joko Widodo beserta Maruf Amin dan Prabowo Subianto beserta Sandiaga Uno akan lakukan simulasi debat sebagai persiapan menjelang debat capres-cawapres pertama yang akan digelar malam nanti. Oh iya perlu Sobat FoKus ketahui debat kali ini mengangkat isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Karding menuturkan bahwa paslon yang diusungnya siap menjawab pertanyaan apapun, termasuk eprihal terkatung-katungnya penyelesaian kasus HAM berat lama. Wah menarik sekali ini? Kalian pasti penasaran kan dengan jawaban para calon capres dan cawapres.

Kedepannya debat kedua akan membahas isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Pada putaran ini, hanya Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan berhadapan pada tanggal 17 Februari 2019 melalui RCTI, Global TV, MNC TV, dan iNews TV.

Sementara debat ketiga akan mengundang para cawapres, Maruf Amin dan Sandiaga Uno untuk mengolaborasi tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Ini akan diadakan pada 17 Maret 2019 dan disiarkan jaringan televisi Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia.

Debat keempat yang rencananya akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019, kedua pasang Capres dan Cawapres kembali diundang untuk berdebat terkait masalah Ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan Internasional. Debat ini bisa ditonton melalui Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Sedangkan untuk putaran terakhir, debat juga akan dihadiri kedua pasang capres-cawapres dan membahas isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan serta industri.

Bila kelima debat berhasil sesuai haraan, Titi berpendapat hal itu semestinya mampu mentransformasi pemilih untuk lebih terukur dan bertanggungjawab ketika menjatuhkan pilihan! Maka dari itu kalian sebagai generasi milenial sayang sekali jika melakukan tindakan Golput, Harapannya kalian sebagai Generasi Milenial  memilih tidak menggunakan sentimen emosional tetapi menggunakan pilihannya berdasarkan pertimbangan yang terukur.

“Jadi ketika pemilih memahami kebutuhan personalnya dan kemudian dia mengkomparasi dengan materi dan substansi debat, dia bisa kemudian mengambil keputusan apakah seorang paslon itu bisa menjawab kebutuhan personalnya, kebutuhan masyarakatnya dan memiliki rekam jejak dan kompetensi yang sesuai ” ungkap Titi. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.