Tolak Golput! Gunakan Aplikasi Info Caleg Buatan Mahasiswa Filkom UB

Infokampus.news – Generasi Millenial harus beramai-ramai tolak golput di pemilu tahun 2019 ini. jangan lagi ada alasan karena anda tidak mengetahui informasi mengenai calon legislatif pilihan anda.

Nah, atas dasar itulah Grup Riset Teknologi Media, Game Dan Piranti Bergerak Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) membuat aplikasi untuk bisa lebih dekat dengan para calon legislatif (caleg). Nama aplikasi tersebut ialah Info Caleg, sebuah platform informatif yang bisa diakses melalui situs website dan aplikasi.

Kepala Laboratorium Teknologi, Media, Game dan Mobil, Dr. Herman Tolle menyatakan bahwa pembuatan aplikasi ini tak lain merupakan skripsi dari tiga orang mahasiswanya. Lantas kemudian dilengkapi dengan informasi tambahan oleh crew data yang terdiri dari 10 mahasiswa lainnya.

“Bermula dari project laboratoriumnya untuk skripsi mahasiswa terdiri dari tiga orang sejak 2018 lalu. Dua mengerjakan aplikasi, satu mengerjakan website,” ujarnya saat ditemui di Gedung Filkom UB lantai 5.

Dengan tagline Teliti, Kenali, dan Pilih, aplikasi Info Caleg yang dapat di download melalui playstore ini menyediakan informasi mengenai 8 ribu-an caleg melalui fitur-fitur yang disediakan.

Fitur-fitur tersebut meliputi Kampanye Virtual yang dapat digunakan oleh caleg untuk mengunggah kampanye, dan pengguna dapat menyampaikan aspirasinya langsung dengan berkomentar pada postingan.

Ada juga fitur Data Calon Legislatif yang berisikan data calon legislatif lengkap beserta riwayat pendidikan, organisasi dan pekerjaan yang didapatkan dari berbagai sumber seperti KPU, Media Elektronik, Website Terpercaya, dan lain-lain.

Fitur lainnya adalah Penelitian Khusus Caleg. Fitur ini berisi rekam jejak dari calon legislatif. Selain itu, yakni fitur Rating Profil Caleg. Masyarakat dapat berkontribusi langsung dalam sistem rating yang disediakan dalam aplikasi. Sistem rating ini dapat menentukan seberapa caleg tersebut didukung oleh masyarakat.

“Kalau di KPU hanya ada informasi mendasar, di aplikasi ini ada tambahan yang lebih detail dan ngga ada di KPU. Aplikasi ini juga bisa membantu para caleg melakukan kampanye. Kita masukkan fitur kampanye virtual supaya lebih efisien,” papar Herman.

Herman berharap, dengan adanya aplikasi ini, masyarakat mampu mengenali para caleg sekaligus mengurangi angka golongan putih (golput). (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
UTBK SBMPTN 2019
Hadapi UTBK SBMPTN 2019, UM Gandeng 4 Perguruan Tinggi dan Siapkan 1795 Komputer

Infokampus.news, Malang - UM siapkan total sebanyak 1795 komputer untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2019. Menggandeng 4 Perguruan tinggi lain Universitas

Close