Tolak Golput! WNI Lawan Suhu Ekstrim Datang ke TPS

Infokampus.news –  Warga negara Indonesia di Den Haag antusias mengikuti pemungutan suara pada pemilu 2019, di Sekolah Indonesia Den Haag, Wassenar, Belanda, pada 13 April 2019. KBRI melaporkan, ada sekitar 4.530 warga Indonesia berada di wilayah Belanda dan sekitarnya.

Angka tersebut belum termasuk ribuan surat suara yang dikirimkan melalui pos yang masih terus masuk sampai dengan tanggal 17 April 2019. Tingkat partisipasi Pemilu 2019 merupakan yang terbesar dalam sejarah pelaksanaan Pemilu nasional di Belanda.

Dalam keterangan KBRI, para pemilih datang ke TPS dalam suasana cuaca yang begitu dingin, hampir 0 derajat.”Suhu hampir 0 derajat, dan antrian yang cukup panjang tidak menyurutkan semangat WNI berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang datang dari berbagai wilayah di Belanda,” tulis keterangan tersebut.

Suasana pesta demokrasi juga dimeriahkan iringan musik khas Indonesia secara live oleh Asti Dewi, cucu dari Gesang, seniman penggubah legendaris lagu “Begawan Solo.” Selain itu, dilengkapi pula dengan hidangan makanan Nusantara dengan harga terjangkau.

Sementara di  Manila yang berlokasi di KBRI Manila. Tercatat ada 1.683 pemilih di lingkup kerja panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Manila, yang 1.309 sesuai daftar pemilih tetap luar negeri (DPT LN), Sementara itu, 244 pemilih menggunakan metode pos sejak pekan ketiga Maret 2019 dan saat ini PPLN Manila sedang menunggu kiriman balik surat suara dari para pemilih.

Sedangkan 130 pemilih telah menyalurkan hak suaranya melalui Kotak Suara Keliling pada 7 April 2019 di dua kampus Advent terbesar di Asia Pasifik, yang berlokasi di Provinsi Cavite (sekitar dua jam perjalanan dari Manila) yaitu AUP dan AIAAS.

Perhitungan suara akan dilakukan pada Rabu, 17 April 2019 dan diharapkan dihadiri oleh masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya. Sejauh ini dilaporkan proses berjalan lancar, meskipun suhu udara Manila, Filipina hari ini tercatat mencapai 37 Celcius.

Jika di Deen Haag dan Manila seperti itum beda dengan  WNI di Finlandia dan Estonia ramai-ramai menggunakan hak suara mereka. Mereka mencoblos di TPSLN 001 Helsinki, yang berada di KBRI Helsinki.

Dalam keterangan KBRI Helsinki, Senin (15/4/2019), jumlah total pemilih yang terdaftar dalam DPTLN Helsinki kali ini 596 orang, yang terdiri dari 211 orang menggunakan metode TPSLN dan 385 orang menggunakan metode pos. Sejak TPSLN dibuka pukul 08.00 EEST, para WNI yang bermukim dan berada di Finlandia serta Estonia mendatangi KBRI Helsinki untuk menyalurkan hak suara.

Selain mengikuti kegiatan pemilu, warga yang memilih berkesempatan melakukan temu kangen dengan masyarakat Indonesia lainnya dan berwisata kuliner dalam acara Bazar Rakyat, yang diselenggarakan di KBRI Helsinki.

“Masyarakat Indonesia yang hadir mengaku senang dapat berpartisipasi dalam pemilu di luar negeri dan berharap semoga pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berjalan dengan damai dan tentram serta membawa kebahagiaan bagi rakyat Indonesia,” jelas KBRI Helsinki. (Jul)

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
PT Freeport Indonesia
Berikut Informasi Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia

Infokampus.news - Perusahaan ini merupakan perusahaan penghasil emas terbesar yang berada di negara Indonesia tercinta ini, dari jaman era presiden Soeharto

Close