Top 10 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur Tahun 2020

INFOKAMPUS.NEWS – Webometric merupakan sistem pemeirngkatan web perguruan tinggi (PT) yang telah dikenal luas dalam bidang pendidikan dan penelitian. belakangan ini Webometric telah mengeluarkan 10 perguruan tinggi swasta di jawa timur tahun 2020.

Peringkat pertama diraih oleh Universitas Surabaya (Ubaya). Sebagai Digitalpreneur University,Ubaya ingin mempersiapkan dan membentuk mahasiswanya menjadi lulusan yang memiliki Global Vision, Digital Mindset, dan Creativity Driven.

Peringkat kedua diraih oleh Universitas Kristen Petra. Universitas Kristen Petra merupakan perguruan tinggi swasta nasional di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan pada tahun 1961 ata prakarsa dari beberapa pendiri PPPK Petra.

 

Peringkat ketiga diraih oleh Universitas Narotama. Universitas Narotama didirikan pada 8 Februari 1981. Pada awal tahun 1981 beberapa orang dosen UNAIR dan ITS serta beberapa tokoh masyarakat tergabung dalam Yayasan Pawiyatan Gita Patria ingin mengabdikan diri di bidang pendidikan dengan mendirikan suatu universitas.

 

Peringkat ke-empat diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Perguruan tinggi yang sudah mengantongi Akreditasi A berdiri pada tahun 1964. Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM.

Baca Juga :  5 Langkah Menentukan dan Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Peringkat ke-lima diraih oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1981.

Universitas 17 Agustus Surabaya menduduki peringkat ke-enam.

didirikan pada tahun 1958.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Sehat PPNI Mojokerto berada di urutan ke-tujuh. Sebuah institusi yang lahir dari rahim organisasi profesi persatuan perawat Nasional Indonesia dan satu-satunya sekolah tinggi ilmu kesehatan milik organisasi PPNI yang mempunyai dedikasi untuk mencetak tenaga kesehatan profesional yang akan berkontribusi bagi terwujudnya Indonesia sehat. Berbekal SK. Mendiknas RI No : 114/D/O/2005, Rekom BPPSDM Depkes RI : HK.03.2.4.1.00758, saat ini mengelola tiga program studi yang telah terakreditasi.

Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) berada di urutan ke-delapan. merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang beradadi bawah pembinaan Majelis Pendidikan Penelitian dan Pengembangan. Sebagai salah satu lebaga pendidikan tinggi, di dalammenjalankan segala aktivitasnya, Universitas Muhammadiyah Ponorogo mendasarkan pada kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi yang dilengkapi dengan PP No. 60 tahun 1999 serta Qoidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah tahun 1999 dan Statuta UMP tahun 2001.

Baca Juga :  Bilik Antiseptik Buatan Dosen UGM Mejeng di Ditlantas Polda DIY

Universitas Panca Marga Probolinggo berada di urutan ke-sembilan.Universitas Panca Marga merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di indonesia yang berwujud Universitas, diurus oleh dikti dan termaktub kedalam kopertis wilayah 7. Perguruan Tinggi ini telah ada sejak tahun 2 Mei 1984 dengan Nomor SK PT 42 dan Tanggal SK PT 2 Mei 1984 , Universitas ini berlokasi di Jl Yos Sudarso Pabean Dringu , Kab. Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Masuk dalam top 10 besar yakni Universitas Wisnuwardhana Malang. Universitas Wishnuwardhana, adalah perguruan tinggi swasta di Malang, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1981. Rektor pada tahun 2006 adalah Drs. H. Suko Wiyono, SH.

indikator penilaian yang digunakan webometric yakni Impact (50%) yang menunjukan visibilitas situs web PT, Presence (5%) diukur dari jumlah informasi yang disajikan website kampus, Opennes (10%) dari jumlah dokumen yang terindeks oleh Google Scholar, dan Excellence (35%) yang diukur berdasarkan jumlah artikel yang terindeks di Scopus. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *