Total 4.122 Calon Mahasiswa Dinyatakan Lolos Seleksi Ujian Mandiri Undip

Infokampus.news Hari senin tanggal 29 Juli lalu pukul 14.00 WIB Universitas Diponegoro (Undip) Semarang secara resmi telah mengumumkan hasil seleksi program sarjana dan sarjana terapan melalui jalur Ujian Mandiri (UM).

Sebelumnya Undip telah membuka jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN dalam menerima calon mahasiswanya. Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur seleksi Ujian Mandiri (UM) ini diselenggarakan sendiri oleh pihak Undip yang pendaftarannya sudah dibuka pada 16 Juni sampai 9 Agustus 2019 lalu. Sedangkan tanggal Ujian Mandirinya yaitu 18 Agustus 2019.

Tahun 2019 ini sebanyak 4.122 mahasiswa dinyatakan lolos pada seleksi jalur Ujian Mandiri Undip. Untuk program S1 (sarjana) ada sebanyak 52 program studi dengan total mahasiswa yang diterima sebanyak 3.093 orang. Dan, untuk S1 terapan ada sebanyak 11 prodi dengan total mahasiswa yang diterima ada 1.029 orang.

Setelah dinyatakan lolos, calon mahasiswa wajib melakukan registrasi secara online di laman resmi registrasi Undip  https://regonline.undip.ac.id/. Mahasiswa akan diminta untuk log in menggunakan nomor peserta dan password tanggal lahir. Selanjutnya mahasiswa akan diminta untuk mengisi dan mencetak formulir registrasi online. Setelah formulir online sudah dicetak langkah selanjutnya adalah menandatangani surat persetujuan dengan menggunakan materai Rp 6.000.

Baca Juga :  Lima PTN Ini Selenggarakan Ospek pada Bulan Agustus, Cek tanggalnya

Alur selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya kuliah dari 31 Juli sampai 1 Agustus 2019 di bank-bank yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan Undip, yakni BTN, BRI, BNI dan Mandiri.

Undip sendiri menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam menerpakan biaya pendidikannya. Pada jalur seleksi mandiri ini mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos wajib membayar UKT golongan 7 dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Kemudian setelah melakukan pembayaran peserta akan diminta untuk melakukan tes kesehatan yang meliputi tes fisik, tes bebas narkoba, tes buta warna, dan tes psikometri di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND Undip) yang berlokasi di Jalan Prof. Haji Soedarto, Tembalang, Semarang. Selanjutnya calon mahasiswa baru diminta untuk melakukan verifikasi dokumen-dokumen yang diperlukan pada tanggal 31 Juli sampai Agustus 2019 di Gedung Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang Semarang. (Sil)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *