Tracer Study Jadi Lebih Mudah dan Akurat Dengan Aplikasi Ini

Infokampus.news, Malang – Tracer study ternyata bukan hal yang mudah dilakukan untuk sebuah kampus lho, karena tidak semua komunikasi dengan para alumni bisa berjalan mulus. Hal ini dikarenakan kondisi komunikasi, seperti nomor telepon yang berubah bisa menjadi pemicu sulitnya kampus melakukan tracer study.

Untuk itulah Dr. Hj. Dyah Wediningsih M.Pd yakni ketua LP2RP, memperkenalkan aplikasi untuk melakukan tracer study yang bisa langsung diakses oleh para alumni Universitas Islam Malang (UNISMA).

“Kita sosialisasikan aplikasi layanan karir bagi alumni kami yang disitu ada alumni bisa mendaftar sebagai anggota CDC. Mereka bisa melakukan update biodata secara online kalau misal berganti kontak atau berganti pekerjaan,” tukasnya.

Tidak Hanya Tracer Study Ternyata Aplikasi Ini Juga Bantu Mahasiswa Berburu Pekerjaan dan Beasiswa

Pihaknya merasa rendahnya angka tracer study selama ini sangat sulit dilakukan karena para alumni banyak yang sudah berganti nomor telepon. Dengan adanya aplikasi online ini pihaknya mampu menaikkan angka rekam jejak alumni UNISMA hingga di angka 60%.

“Padahal yang bisa hingga 40% di Indonesia ini salah satunya UI, tapi kami bisa capai angka 60% dan ini luar biasa. Selain itu kami ahirnya juga tahu banyak apakah mereka bisa menggunakan ilmu perkuliahan mereka di bidang yang sama dengan pekerjaan dan kita juga perlu mengetahui tingkat relevansi pembelajaran dengan kebutuhan di dunia kerja seperti apa, kita harus terus melakukan evaluasi.” Tambahnya.

Selain untuk evaluasi relevansi pembelajaran, ternyata aplikasi ini juga mampu memberikan update para alumni dengan informasi beasiswa hingga lowongan pekerjaan terbaru.

“Jadi ini fasilitas untuk alumni kami juga supaya bisa memperoleh pekerjaan sesegera mungkin atau mungkin melanjutkan studi setelah mereka lulus.” Pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wow! Wisudawan Terbaik UNIKAMA Ini Temukan Aplikasi Pantau Kandungan Tanah yang Pas Untuk Bercocok Tanam

Aplikasi pantau kandungan tanah yang pas untuk bercocok tanam merupakan skripsi yang diselesaikan oleh Ahmad Khoirul Rohman

Close