Tri Utami, ‘Kalau Mau Cari Indonesia, Cari di Brankas Nusantara’

Infokampus.news, Malang – Dalam acara rembug budaya yang digelar Universitas Brawijaya Malang (UB) dalam rangkaian dies natalies ub ke- 54, Tri Utami atau biasa dipanggil ‘Mbak Iik’ mengaku cukup prihatin dengan kondisi Indonesia saat ini. Ia mengutarakan dewasa ini banyak hal yang hilang dari masyarakat Indonesia dalam hubungan antar sesama.

“Apa yang saya alami keti masuk ke kampung-kampung, saya teliti saya tanyakan apa yang hilang dari kita sekarang? Lalu mereka menjawab ‘yang hilang adalah gotong royong’,” ujarnya.

Ia mengaku jauh dari lubuk hatinya yang terdalam ia pun merasakan hal yang sama, masyarakat saat ini sudah cenderung sangat individual.

“Lalu mereka lanjut bilang ke saya kalau ‘rasa kebersamaan waktu masih kecil, jaman kakek nenek kita itu sudah hilang tidak ada’,” tambahnya.

Kemajuan Budaya Indonesia Sudah Lompat Terlalu Jauh

Tri menjelaskan memang masyarakat sekarang semakin pandai dan semakin mampu untuk mengkategorikan a, b dan c sehingga mereka menghindari adanya kontak sosial dengan mereka yang dirasa kurang pantas diajak bergaul.

“Saya ingat dulu waktu pulang ke Nganjuk di depan rumah ada ‘gangsir’ nah itu semua orang lewat boleh minum. Lha sekarang, boro-boro, pagar saja ditinggikan dirapatkan, seolah-olah kita tidak aman jika ada orang apalagi orang asing ya datang,” paparnya.

Perbedaan ini sangatlah signifikan menurutnya, banyak budaya yang telah ditinggalkan masyarakat demi mencapai kemodernan. Namun pencapaian bangsa ini terlalu jauh, ia mengistilahkannya ‘Loncat sangat jauh’.

“Inilah adab yang banyak kita sepelekan dan tinggalkan, banyak hal yang kita lewati padahal itu hal yang penting untuk kita sendiri. Tapi kita pilih budaya baru dan kita lompat jauh sekali, saya rasa kalau mau menemukan Indonesia kita bisa cari di brangkas Nusantara,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

XL 4G LTE Launching Kolaborasi Terbaru dengan Oke Jack Malang

Layanan transportasi umum via online sekarang tengah booming di kalangan masyarakat Malang, lantaran mudahnya mencari layanan ojek atau taksi dan...

Close