Ini Dia Trik Ampuh Bagi Mahasiswa yang Ingin Lulus Sesuai Target!

Infokampus.news – Tantangan di dunia perkuliahan tidka hanya terjadi ketika harus mendapat nilai baik, menghadapi dosen killer, atau saat mengerjakan skripsi tapi ketika dituntut untuk kuliah dalam waktu sesingkat-singkatnnya. Ini dia beberapa trik ampuh bagi mahasiswa yang ingin lulus sesuai target.

  1. Kewajiban Mahasiswa, Tuntaskan semua Beban SKS

Jangan sampai kamu hanya mengikuti sistem pembelajaran di universitas tanpa tahu bagaimana kewajiban sebagai mahasiswa yang sebenarnya. Misalnya kamu tidak tahu apa saja mata kuliah yang wajib dan mata kuliah pilihan, dan yang paling parahnya jangan sampai kamu tidak tahu standar nilai yang didapat untuk masuk kategori dalam lulus.

Kecerobohan seperti ini yang harus dihindari jika tak ingin menunda waktu kelulusan.

 

  1. Manfaatkan Semester Pendek untuk Mengulang Mata Kuliah yang Nilainya Kurang.

Mengulang mata kuliah yang susah terkadang memang sulit terhindarkan. Misalnya saja beberapa mata kuliah mematikan seperti: kalkulus buat jurusan teknik, patalogi di jurusan kedokteran, atau mata kuliah teori komunikasi yang dijamin bikin kelimpungan mahasiswanya. Manfaatkan semester pendek untuk mengulang mata kuliah yang sulit.. biasanya beberapa universitas mengadaan kuliah di semester pendek yang bisa dimanfaatkan untuk mengulang mata kuliah yang dibutuhkan.

 

  1. Jauhi Mengulang Kuliah Hanya Karena Titip Absen!

Kamu ahrus bertanggung jawab sepenuhnya mengatur dri. Hindari malas ke kampus karena alasan kuliah pagi dan lebih memilih membenamkan diri di alam mimpi. Karena jika absenmu kurang bukan tidak mungkin kamu dilarang ikut ujian yang konsekuensinya adalah mengulang mata kuliah yang berarti mengambil waktu kuliah lebih panjang. Jika memang tidak kuat dengan resikonya, jangan malas lagi untuk datang ditiap mata kuliah yang kamuy ambil nantinya.

 

  1. Menunda Skripsi, selangkah menjadi Mahasiswa Abadi

Ada banyak mahasiswa yang sebetulnya tidak punya masalah di proses eprkuliahan tapi justru lama lulus karena proses penyelesaian skripsi yang tak kunjung menemukan titik akhir. Sebagai amhasiswa yang memang tak ingin terlalu lama jadi penghuni kampus, segera mungkin rampungkan tugas akhirmu tersebut. Dengan disertai niat dan usaha maksimal skripsimu pasti dapet terselesaikan dengan cepat. Begitu waktu skripsi telah tiba jangan tunda untuk mengambil dan menyelesaikannya secepat mungkin.

 

  1. Prioritaskan Kewajiban Akdemis walau Kamu Aktif di Organisasi.

Tugas utamamu tetap menyelesaikan kewajiban pendidikan dan kegiatan lainnya adalah kegiatan sampingan yang sifatnya tambahan. Kamu boleh mengikuti sebanyak-banyaknya UKM,BEM, dan yang lainnya dengan catatan tahu bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin. Perhitungkan pula waktu istirahat yang kamu butuhkan untuk menyeimbangkan kegiatan lainnya.  (JUL)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
KKN PPM UNIDHA
KKN-PPM UNIDHA 2018: Mengabdi dan Menenangkan Hati Masyarakat

Infokampus.news – Sebanyak kurang lebih 800 mahasiswa Universitas Wisnuwardhana Malang (Unidha) mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) – Program Pemberdayaan Masyarakat

Close