Ingin Baca Buku Lebih Praktis? Ini Tujuh Situs Penyedia Buku Digital Gratis

Peringatan Hari Buku Nasional selalu dikaitkan dengan minat baca, terutama di kalangan generasi muda. Mirisnya, minat baca di Indonesia masih sangat minim.

Merujuk pada hasil survei UNESCO pada 2011, indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Sedangkan data Most Literate Nations in the World pada Maret 2016 merilis pemeringkatan literasi internasional yang menempatkan Indonesia berada di urutan ke-60 di antara total 61 negara. Sedangkan pada World Education Forum yang berada di bawah naungan PBB, Indonesia menempati posisi ke-69 dari 76 negara.

Penyebabnya rendahnya minat baca di Tanah Air sendiri beragam. Salah satunya dipengaruhi perkembangan teknologi yang memudahkan seseorang dalam mencari informasi. Keberadaan buku konvensional pun perlahan ditinggalkan lantaran orang malas ke toko buku atau perpustakaan.

Oleh karena itu, keberadaan buku digital menjadi solusi bagi masyarakat untuk tetap membaca, namun dengan cara yang lebih praktis. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak membaca.

Nah, jika kamu berencana mengoleksi berbagai buku digital, coba manfaatkan tujuh situs berikut ini untuk mengunduh buku-buku digital gratis.

1. Open Library

Open Library yang dapat diakses melalui openlibrary.org itu merupakan situs yang mengoleksi judul-judul buku dari Perpustakaan Congress, Amazon, dan beberapa perpustakaan lain yang berpartisipasi. Situs ini tak hanya menyediakan jutaan judul buku yang dapat diunduh dalam bentuk Adobe tetapi juga bekerjasama dengan perpustakaan dan penerbit untuk program buku pinjaman di BookReader, PDF, dan ePub formats.

2. Amazon Kindle Store

Dengan situs ini, kamu bisa mencari di Amazone untuk melihat buku-buku gratis yang tersedia di Kindle. Beberapa buku yang tersedia, misalnya buku klasik karangan Jane Austen, Charles Dickens, dan James Joyce, juga beberapa buku roman, fiksi ilmiah, thriller, juga fantasi. Untuk dapat memanfaatkan situs ini, kamu harus memiliki Kindle atau perangkat yang memiliki aplikasi Kindle.

3. Project Gutenberg

Situs ini bisa diakses melalui alamat gutenberg.org. Project Gutenberg sudah ada sejak tahun 70-an dan menjadi perpustakaan digital tertua. Sejauh ini, situs ini memiliki koleksi lebih dari 50 ribu judul buku yang dapat diunduh gratis dalam berbagai format, seperti free Kindle books, ePub books, plain text files, PDFs, dan masih banyak lagi.

4. ManyBooks.net

Sama seperti Project Gutenberg, ManyBooks.net juga memiliki koleksi berbagai judul buku. Bedanya, fitur situs ini menawarkan pencarian yang lebih mudah dan tampilan yang lebih menarik. Melalui laman ini, terdapat beragam pilihan unduh, dari HTML, PDF, eReader, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui koleksi buku terbaru, cek Facebook atau media sosial lainnya dari ManyBooks.net.

5. PDFgeni

Melalui PDFgeni, kamu bisa mengunduh berbagai kategori buku, termasuk majalah. Untuk mengakses buku digital, lakukan sign up terlebih dahulu bagi yang belum mendaftar.

6. Free-ebooks

Situs yang diakses melalui alamat free-ebooks.net itu tidak jauh berbeda dengan PDFgeni. Untuk bisa mengunduh ebook gratis di dalamnya, kamu harus sign up atau log ini terlebih dahulu.

7. Readprint

Readprint menjadi salah satu situs terbaik versi Majalah Time. Readprint menyediakan beragam ebook mulai dari esai, fiksi, hingga cerpen-cerpen populer dari seluruh dunia. alamat situs ini adalah readprint.com.

Itulah 7 situs penyedia buku digital gratis, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. (FA)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolokium di Australia: Kerjasama Antar Peneliti Semakin Dibutuhkan di Indonesia

Dalam sebuah kolokium yang diselenggarakan di Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia, hari Sabtu (14/5/2016) peneliti Indonesia dari berbagai...

Close