Tujuh Tips Cari Kerja untuk Lulusan S-2

Infokampus.news – Setelah menuntaskan studi S-1, sebagian pelajar enggan langsung bekerja. Mereka memilih untuk langsung mengambil master, baik di kampus yang sama atau berbeda, hingga lanjut studi ke luar negeri. Setelah lulus master, sudah sepatutnya kamu memiliki nilai tambah untuk bekerja di jenjang yang lebih tinggi ketimbang lulusan sarjana. Disitat dari laman Top Universities, berikut ini beberapa tips cari kerja untuk lulusan S-2.

1. Minta rekomendasi pada profesor

Profesor atau dosen menjadi sumber yang tepat untuk mendapatkan kontak-kontak pihak yang sedang mencari karyawan lulusan S-2. Sebab, mereka telah berhubungan dengan banyak alumni yang mungkin saat ini sudah sukses di kariernya masing-masing.

2. Cari kerja di situs online

Saat ini menemukan portal untuk mencari kerja bukanlah hal yang sulit. Untuk itu, coba update CV-mu dan temukan pekerjaan yang pas melalui situs tersebut.

Baca Juga:

3. Cek lowongan kerja di laman perusahaan

Lowongan pekerjaan juga tersedia di laman-laman perusahaan itu sendiri. Oleh sebab itu, jika kamu telah mengincar suatu perusahaan, cek lamannya. Segera kontak HRD yang bersangkutan terkait proses lamaran kerja.

4. Identifikasi profesional yang bekerja

Cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan menghubungi profesional yang telah bekerja di perusahaan impian. Sebab, terkadang proses perekrutan, khususnya untuk jabatan yang tinggi tidak secara terang-terangan diumumkan di laman perusahaan.

5. Kunjungi konsultan rekrutmen

Ketika kamu merasa sudah melakukan berbagai hal namun tak kunjung membuahkan hasil, temuilah konsultan rekrutmen. Dengan sedikit mengeluarkan biaya, kamu bisa mendapat nasihat, masukan, bahkan informasi lowongan kerja yang pas untukmu.

6. Ciptakan kesan pertama yang baik

Cara berkomunikasi dan penampilan merupakan hal penting untuk mendapat kesan baik dari perusahaan. Pastikan selalu tampil percaya diri di depan pewawancara dan sesuaikan pakaian dengan budaya perusahaan yang berlaku.

7. Ambil part time job

Tidak punya pengalaman kerja adalah kelemahan lulusan S-2 saat mencari kerja. Untuk itu, tidak ada salahnya sambil menunggu pekerjaan yang pas kamu melamar part time job untuk menambah pengalaman. Tentu saja pemilihan part time job disesuaikan dengan karier yang kamu inginkan sehingga sesuai saat melamar kerja sesungguhnya. (FAM)

 

Sumber: Liputan6

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Rp5 miliar untuk motor listrik
Kemristekdikti Gelontorkan Rp5 Miliar untuk Motor Listrik ITS

Hingga saat ini, pemerintah melalui Kemristekdikti telah menghibahkan anggaran senilai Rp5 miliar untuk motor listrik GESITS

Close