Tahun 2018 UB Buka Sekitar 11.700 Kuota Mahasiswa Baru

Infokampus.news, Malang – Kuota mahasiswa baru UB diperkirakan akan naik tahun ini di angka sekitar 11.700 orang. Ditemui dalam acara pengenalan jalur masuk SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri yang diselenggarakan di Gedung Widyaloka UB siang hari ini (7/2), Wakil Rektor 1 UB Prof. Dr. Kusmartono memaparkan hal ini pada wartawan.

“Total sekian itu sudah digabung dengan total UB Kediri ya. Kalau UB Kediri kami tetap dengan tahun kemarin, 500 kuota mahasiswa baru,” ungkapnya pada wartawan.

Dalam acara yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan guru Bimbingan Konseling SMA/SMK/MA area Malang Raya, Jombang, Kediri, Probolinggo dan Pasuruan ini, ia mengimbau beberapa hal penting. Salah satunya para peminat yang ingin mendaftar ke UB diingatkan kembali agar tidak meletakkan PTN di pilihan ke dua.

“Kami sudah overload untuk peminat di pilihan pertama, jadi kami sudah tidak ada waktu lagi untuk sortir pilihan kedua,” ungkapnya.

Selain itu ia mengimbau setiap sekolah melakukan pemetaan yang detail agar peminat di setiap prodi tidak menumpuk. Penumpukan peminat yang mendaftar di sebuah prodi ini bisa mengakibatkan penolakan, karena tiap prodi memiliki kuota terbatas untuk satu sekolah.

“Misal dari sekolah yang akreditasinya A, satu prodi maksimal hanya buka kuota untuk 5 orang. Seringkali satu sekolah mendaftarkan siswanya lebih dari kuota tersebut. Ya kita harus pandai-pandai melihat potensi diri lah,” tambahnya.

Persaingan yang terjadi dalam SNMPTN menurutnya tidak hanya dari sekolah lain, namun antar siswa di sebuah sekolah tersebut pun perlu jadi pertimbangan untuk memenuhi kuota mahasiswa baru. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Perpustakaan Tak Selamanya Membosankan, kok! Inilah 5 Perpustakaan Kampus Terbaik di Indonesia yang Terkenal Keren dan Nyaman
Inilah 5 Perpustakaan Kampus Terbaik di Indonesia yang Terkenal Keren dan Nyaman

Mungkin banyak perpustakaan kampus terbaik di Indonesia dari segi kualitas dan isi perpustakaan, namun kali ini tim infokampus.news akan mengulik...

Close