UB Dukung Adanya Fasilitas E-Pub Untuk Penyandang Disablitas

Infokampus.news, Malang – Hari ini (26/8) DPP Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), bersama dengan Yayasan Mitra Netra, Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya (UB), dan Yayasan Damandiri menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Buku E-Pub Untuk Tunanetra Wilayah Malang dan Sekitarnya. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Guest House UB Hotel ini sendiri merupakan kota ketiga dalam kegiatan pelatihan dan sosialisasi yang akan diselenggarakan di beberapa wilayah di Indonesia.

UB Kampus Yang Sangat Terbuka Pada Para Penyandang Disabilitas

DPP Pertuni sendiri menjalin kerjasama dengan PSLD UB dikarenakan UB sendiri dapat diakui merupakan kampus yang sangat terbuka dengan penyandang disabilitas. Bahkan UB saat ini UB mempunyai sekitar 111 mahasiswa disabilitas. Diakui oleh Salah satu penginisiasi PSLD UB, Fadillah Putra S.Sos, M.Si, M.P.Aff saat ini UB sudah sangat baik dalam memfasilitasi pelayanan Mahasiswa berkebutuhan khusus. Namun, yang masih kurang menurutnya adalah jumlah pendamping yang masih belum berada di titik ideal.

“Idealnya itu kan 1 banding 2, Artinya jika mahasiswa berkebutuhan khusus itu ada 111 mahasiswa seharusnya pendampingnya berjumlah 222 orang. Namun, saat ini pendamping di UB sendiri baru ada 86. Semoga kedepannya UB bisa merumuskan strategi jitu agar skala tersebut jadi ideal,” Ungkapnya.

Rambu-Rambu Khusus Mahasiswa Disabilitas Sudah Tersedia Di UB

Sementara itu, Dalam sambutannya Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS mengungkapkan UB saat ini tengah berupaya agar fasilitas dan sarana prasana mahasiswa difabel terpenuhi. Di UB sendiri salah satu komponen dalam pemenuhan standarisasi mahasiswa disabilitas yang telah tersedia adalah rambu-rambu.

“Untuk saat ini sudah bisa dilihat bahwa rambu-rambu khusus mahasiswa disabilitas sudah terpasang dibeberapa tempat di UB. tentunya kedepan akan ada lagi sarana prasarana baru demi menunjang mahasiswa berkebutuhan khusus yang ada di UB,” Paparnya.

Ini Fasilitas Baru Yang Akan Disediakan UB Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Diakui Prof. Bisri, salah satu fasilitas yang akan kembali di sediakan UB adalah mobil-mobil khusus mahasiswa berkebutuhan khusus. Saat ini, wacana mobil khusus mahasiswa disabilitas sendiri sudah disetujui dan akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

“Sarana prasana yang terbaru dari UB adalah mobil khusus mahasiswa disabilitas. Wacananya sudah disetujui dan nantinya akan dimodifikasi oleh mahasiswa Teknik Mesin. Semoga fasilitas tersebut dapat membantu para mahasiswa berkebutuhan khusus,” Terangnya.

UB Dukung Adanya E-Pub Untuk Mahasiswa Disabilitas

Lebih lanjut, Prof. Bisri juga mendukung adanya E-Pub di setiap perpustakaan di Indonesia. Diakuinya, E-Pub bisa menjadi salah satu solusi mahasiswa disabilitas yang selama ini menemui kendala dalam proses menuntut ilmu. dengan adanya E-Pub Mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa penyandang tunanetra dapat memperoleh ilmu sama seperti mahasiswa lainnya.

“Tentuya wacana E-Pub sangat membantu Mahasiswa tunanetra dalam memperoleh ilmu, program tersebut juga selaras dengan semangat PSLD UB. Karena intinya, kita haus sama-sana mementingkan teman-teman kita yang berkebutuhan khusus,” Pungkasnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IPB Gandeng Uzbekistan Untuk Pengembangan Akademis

Kamis (24/08) Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapat kunjungan dari sejumlah delegasi Republik Uzbekistan. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama

Close