UB gelar seminar Psikologi Berkonsep Pendidikan Positif!

Infokampus.news, Malang – Hari ini (24/8) Universitas Brawijaya atau UB gelar seminar psikologi tentang menumbuhkan kedisiplinan anak tanpa kekerasan pada anak di aula gedung FISIP UB. Hal ini digelar karena banyaknya isu buruk mengenai pendidikan di Indonesia. Hal ini juga diharapkan berimbas positif pada peran dosen dalam mendidik mahasiswa.

Integrasi Pendidikan Semua Elemen Agar Tercipta Sinergi Yang Sama

“Sekolah maupun kampus harusnya punya sistem pendidikan yang sama yang dijalankan serupa. Jadi harus punya visi, bagaimana menjalankannya sama setiap tenaga pendidik, staff dan lainnya ya melalui seminar, pelatihan dan banyak cara ya sebenarnya,” ujar Tari Sandjojo, salah satu pembicara seminar kepada media.

Dia juga menerangkan pentingnya integrasi ini, karena di jaman yang serba maju sekarang ini masyarakat semakin pintar namun harus diarahkan ke arah positif. Maka dari itu perlunya pendidikan disiplin yang positif kepada siswa dan mahasiswa.

Reward dan Punishment Cara Penguasa, bukan Pendidik

Keberhasilan pendidikan dicapai ketika anak atau peserta didik bisa menolak arahan buruk dari berbagai pihak. Dalam hal ini disampaikan bahwa untuk mencapai titik tersebut harus ada kontrol pribadi dari setiap individu.

“Untuk mendidik anak maupun mahasiswa memiliki self-control tidaklah mudah. Untuk itu kita harus punya sistem pendidikan yang jelas, ” ujarnya kemudian.

Ia menambahkan dalam presentasinya, bahwa untuk mencapai titik ini tidak bisa dicapai dengan reward dan punishment karena hal ini dirasa bukan merupakan hal yang baik dilakukan. Hal ini hanya dilakukan oleh penguasa bukan pendidik, karena dorongan dari dalam itu lebih perlu untuk ditumbuhkan daripada dorongan dari luar. Reward dan punishment ini merupakan salah satu cara mendorong seseorang dari luar. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tiga Bakal Calon Bertarung di Pildek FMIPA UB

Jabatan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA-UB), Prof. DR. Marjono, M. Phil, akan segera berakhir, untuk...

Close