UB Kampus Pertama Gunakan Smart Classroom di Indonesia!

Infokampus.news, Malang – Universitas Brawijaya Malang (UB) patut berbangga, pasalnya kampus satu ini akan resmi menjadi kampus pertama yang menggunakan smartclassroom yang segera akan digunakan tahun ini.

“Doakan saja segera rampung semuanya, ya UB memang akan jadi kampus pertama yang menggunakan smartclassroom ini di Indonesia,” ujar wakil dekan 1 Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UB Ir. Heru Nurwasito M.Kom.

Di sela kesibukannya, Heru menuturkan sebenarnya pengadaan perangkat dari smartclassroom ini sudah ada dari tahun 2016 silam, namun karena tekhnisi dari provider penyedia alat yaitu ZTE belum ada maka alat ini belum bisa difungsikan. Kampus berharap tahun 2017 ini smartclassroom bisa mulai digunakan di beberapa kelas yang sudah disiapkan.

“Ini kan keinginannya pak rektor dan juga kami semua warga kampus. Memang dengan adanya smartclassroom ini semua jadi efisien, kita bisa mengajar antar kelas, antar gedung dan juga antar fakultas,” tambahnya pada tim infokampus.news.

Efisiensi Waktu, Biaya dan juga Tenaga Dosen

Dalam seperangkat smartclassroom ini untuk tahap awal, akan dipasang dalam 4 kelas baru gedung FILKOM. Pada 4 kelas ini 1 kelas nantinya akan digunakan sebagai kelas master atau kelas induk dimana dosen melakukan pengajaran dan direkam, lalu sisanya yaitu 3 kelas remote akan menjadi kelas yang pengajarannya lewat proyeksi bayangan dosen dari kelas master.

“Ini nanti tanpa operator bisa merekam dan mendeteksi posisi pembicara, dosen dan juga mahasiswa yang bertanya, rekaman live ditayangkan di kelas remote. Ada kamera depan, ada kamera belakang, full, microphone juga ada banyak dipasang di langit-langit kelas, lalu kamera bisa me-zoom juga si pembicara secara otomatis,” paparnya.

Kendati terlihat canggih dan modern, penggunaan smartclassroom ini sendiri akan terbatas pada mata kuliah umum ataupun mata kuliah teori saja.

“Karena kan kalau kelas praktek susah mengawasi, harus kita ajari dan perhatikan secara langsung. Jadi sementara yang full teori saja dulu sepetri MKU,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor UNIGA, ‘PERMEN Pencabutan Tunjangan Dosen Itu Positif dan Fair’

Turunnya Peraturan Menteri Ristekdikti mengenai pencabutan tunjangan dosen dan guru besar apabila tuntutan pekerjaan mereka tidak tercapai.

Close